E-Book dan Game Gratis

E-book                      Game & Software
Bagi anda yang ingin membaca secara offline, silakan download format e-book-nya di sini!

Cinta Buta Sang Penulis Muda [ Bagian III ]

===================================================
CINTA BUTA SANG PENULIS MUDA
===================================================

Bagian III


Wuss… wess… wuess… angin tampak berhembus kencang, menggugurkan sebagian daun tua yang tumbuh di pohon belimbing. Saat itu, mentari baru saja bergulir ke barat. Di sebuah kamar yang agak berantakan, Boy sedang memikirkan perihal naskahnya yang telah dikirim lewat email. "Heran… kenapa tuh penerbit belon ngasih surat konfirmasi ya? Kalo gitu, gimana gua bisa tau kalo tuh naskah udah masuk ke redaksi. Wah, jangan-jangan tuh naskah bouncing alias mental ke mana tau. Bahaya juga kalo gitu, bisa-bisa tuh naskah disalahgunain sama orang-orang yang kagak bertanggung jawab. Ah, udalah… smoga aja tuh naskah jatuh ke tangan orang baik-baik, dan mungkin aja bisa jadi inspirasi buat dia. Dan itu artinya, investasi pahala buat gua. Amin… Hmm… Sebaiknya gua kirim lagi aja tuh naskah. Biarin dah, kalo gua emang ditakdirin kudu keluar duit lagi buat ke warnet. Gua maklum, mo masuk surga itu emang kudu usaha, dan gua gak boleh nyerah cuma gara-gara soal duit. Biarin dah gua pake duit tabungan lagi, kalo abis juga gak apa-apa. Skarang gua udah gak peduli, yang penting gimana caranya agar gua bisa berinvestasi. Kini gua udah semakin sadar, kalo umur itu di tangan Tuhan. Buat apa gua nyimpen duit terus di bank, padahal tuh duit bisa dipake buat tujuan yang baik. Mending kalo gua bakal idup terus. Lah, kalo besok mati, percuma kan tuh duit udah gua kumpulin susah-susah. Pokoknya skarang, kalo gua punya duit lebih tentu akan gua simpen, dan kalo gua emang perlu, gak perlu ragu-ragu lagi buat ngambil. Kalo nantinya emang bakalan abis lantaran gak ada pemasukan, itu artinya gua emang udah ditakdirin bakal hidup melarat tanpa seorang istri. Tapi gua percaya, Allah gak bakalan ngasih ujian yang gak sanggup buat gua jalanin. Dan gua justru harus bisa mengambil hikmah dari semua itu, yaitu kenapa gua ditakdirin kayak gitu. Mungkin dengan hidup begitulah gua bakal menjadi lebih baik. Dan setelah gua menjadi lebih baik, barulah Allah membuka jalan agar gua bisa hidup berkecukupan plus seorang istri yang cantik and shalehah. Ups… gua gak boleh begitu, gua harus positif thinking. Hmm… duit gua di bank tentu gak bakalan abis. Allah pasti akan menggantinya dengan berlipat ganda, soalnya kan tuh duit gua pake buat tujuan yang baik, bukan buat yang engak-enggak."
Ting Tong…! Ting Tong…! Mendadak terdengar bunyi bel yang menandakan kalau di luar sedang ada tamu. Mengetahui itu, Boy pun segera menemuinya. "I-Indah…?" ucap Boy heran seraya buru-buru membukakan pintu gerbang. Sejenak pemuda itu memperhatikannya tubuh indah nan mengoda yang mengenakan u can see merah muda berstel jeans biru ketat yang tampak begitu serasi. "Wedew… ini anak makin seksi aja, pusing dah gua," ucap pemuda itu dalam hati.
"Hi, Boy!" sapa Indah dengan sebuah senyum manis di bibirnya, "Eng, kedatanganku gak ganggu kamu kan?" tanyanya kemudian.
Boy tersenyum, diperhatikannya paras manis yang kini tampak tersipu-sipu. "Enggak kok, yuk masuk!" ajaknya kemudian.
Kedua muda-mudi itu lantas melangkah bersama menuju teras, dan tak lama kemudian mereka sudah duduk saling berhadapan. "Wah, gua kira lu gak mo main ke mari lagi, In," kata Boy membuka pembicaraan.
"Emangnya kenapa, Boy? Kamu heran ya?"
"Dikit. O ya, ngomong-ngomong… Lu mo minum apa nih. Kopi, teh manis, sirop…?"
"Air putih aja deh, Boy," potong Indah tiba-tiba.
"O, air putih. Kalo gitu, tunggu sebentar ya!" kata Boy seraya melangkah masuk.
Beberapa menit kemudian, pemuda itu sudah kembali dengan membawa dua gelas minuman dan makanan kecil. Semuanya itu segera diletakkannya di atas meja.
"Boy, kok kamu bikinin aku susu sih?" tanya Indah heran.
"Lho kan tadi lu minta air putih. Dan air putih yang ada dirumah gua, ya cuma susu itu."
"Boy… kenapa sih skarang kamu jadi kayak orang bego begitu? Maksudku tuh air bening, Boy…"
"O… air bening. Bilang dong dari tadi, air bening jangan air putih!?" Kalo gitu tunggu sebentar ya!"
"Boy.." tahan Indah tiba-tiba. "Gak usah deh. Susu juga gak apa-apa kok, kan sama-sama bikin sehat."
"Yakin nih gak mo diganti?"
Indah mengangguk. "O ya, Boy. Sori ya soal kejadian tempo hari, aku udah pergi begitu aja! Soalnya…"
"Soalnya apa, In?"
"Begini, Boy… Waktu itu aku pergi karena…" Indah menggantung kalimatnya, saat itu dia betul-betul masih ragu untuk mengatakannya.
"Karena apa, In? Udah deh, lu terus terang aja!" Boy mendesak.
"Eng, itu karena… Karena aku tau Lala cinta banget sama kamu, Boy."
"Apa??? Lala cinta banget sama gua? Cinta banget???"
Indah mengangguk. "Iya, Boy. Sebetulnya Lala tuh emang cinta banget sama kamu. Karenanyalah saat itu aku langsung pergi karena gak mo ngelibatin kamu dengan urusan pribadiku. Masa sih orang yang sangat dicintai oleh sahabatku sendiri mo kujadiin pacar boongan. Gak etis kan? Namun setelah aku tau kalo Lala enggak keberatan, akhirnya kini aku berani ngelanjutin rencanaku. Sebetulnya Lala tuh bukan hanya gak keberatan, tapi dia juga sangat mendukung rencanaku itu."
"Lho, kok bisa gitu sih?" tanya Boy heran.
"Boy… biarpun Lala sangat mencintaimu, namun dia ngerasa berat banget buat nerima kamu. Dan itu karena suatu sebab yang kuketahui sangat membebani hatinya."
"Sebab apa itu, In?" tanya Boy agak menasaran.
"Maaf, Boy… aku gak bisa cerita."
"Ya, udah. Kalo lu emang gak mo cerita. Lagian, sebetulnya gua juga udah tau kok kenapa dia berat banget nerima gua."
"Kamu tau, Boy?"
Boy mengangguk. "Ya itu karena gua udah gak suci lagi."
"Apa, Boy…??? Ka-kamu dah gak suci lagi?"
"Udah deh, lu gak usah pura-pura kaget begitu. Lu pasti udah tau dari Lala, iya kan?"
"Boy… kamu bicara apa? Eng, tadi itu kamu cuma becanda kan?" tanya Indah dengan dahi agak berkerut.
"Uda deh, In. Lu gak usah pura-pura bego begitu! Lu masih ingatkan kata-kata gua tempo hari, kalo gua tuh gak mo pacaran dan mo langsung nikah? Sebetulnya itu karena masa lalu gua yang udah bikin gua trauma." Saat itu, Boy langsung menceritakan masa kelamnya ketika waktu di SMP dulu.
Indah yang memang baru mengetahui perkara itu langsung membatin. "Ja-jadi Boy udah gak suci lagi, dan Indah pun ternyata sudah tau soal itu. Aneh… Jika Indah memang betul-betul tau, kenapa dia rela melepaskan Boy begitu aja. Padahal, Boy itu kan justru lebih pantas menjadi pendampingnya. Hmm… apa semua itu karena dia lebih mementingkan aku, sehingga dia rela melepasnya begitu aja. "
"In, lu kenapa?" tanya Boy tiba-tiba membuyarkan pikiran Indah.
"E-enggak, Boy. O… jadi karena itu kamu takut pacaran dan mo langsung nikah. Jadi, bukan karena ikut-ikutan biar dibilang keren. Kalo gitu, ketawaku yang ampe terpingkal-pingkal waktu itu sungguh gak pada tempatnya ya? Sebab, hal itu emang gak lucu sama-sekali. Maapin aku ya, Boy! Waktu itu aku benar-benar gak tau."
"Gak apa-apa kok, In. Gua udah biasa diketawain begitu. O ya, ngomong-ngomong… katanya waktu itu lu mo terus terang sama gua, kalo gua tuh gak bakalan bisa jatuh cinta sama lu."
"Eng… begini, Boy. Se-sebetulnya…"
"Sebetulnya lu juga udah gak suci lagi kan?" potong Boy tiba-tiba.
Indah tersentak, "Apa??? Aku udah gak suci lagi."
"Cewek yang ada dicerita Lala itu lu kan?" tanya Boy dengan PD-nya.
Mengetahui itu, Indah langsung membatin, "Huh, Boy itu keterlaluan banget sih, masa dia mengira aku dah gak suci lagi. Dasar… dia emang sok tau. Hmm… kini aku ngerti. Jadi, waktu itu Lala emang betul-betul belum tau kalo Boy udah gak perjaka. Kasian juga si Lala… kalau aja dia tau, dia enggak mungkin mau ngelepasin Boy begitu aja. Aduuuh… gimana ini. Kalo skarang Lala emang udah tau Boy udah gak perjaka, di pasti ngarepin banget kalo Boy bisa jadi miliknya. Selama ini, Lala gak mo nerima lamaran Boy lantaran dia mengira Boy itu masih suci. Dia betul-betul ngerasa gak pantes nikah sama Boy lantaran dia menilai dirinya masih seorang pezina yang belum melaksanakan hukum Islam. Dia ngerasa status pezinahnya tak mungkin lenyap selama dia belum bisa mensucikan diri dengan taubatan nasuha yang sempurna sesuai dengan syariat Islam. Duuh… aku betul-betul jadi gak enak. Tapi biar gimana juga, aku udah cinta banget sama Boy. Hmm… gimana ya? Terusin gak ya? Ah, udalah… mending aku terusin aja. Aku yakin, Indah pasti mau mengerti kegoisanku ini."
"Oi, In! Kenapa sih lu bengong melulu?" tanya Boy yang lagi-lagi membuyarkan pikiran Indah.
"E-enggak kok Boy."
"Engak-enggak... Enggak pala lu botak. Kenapa sih dari tadi lu bengong melulu, gak langsung jawab pertanyaan gua?"
"Aku lupa pertanyaan kamu, Boy."
Saat itu Boy langsung geleng-geleng kepala, "Tadi itu gua nanya, cewek yang ada dicerita Lala itu lu kan?"
"O… jadi karena itu kamu mengira aku dah gak suci lagi. Kamu salah, Boy. Aku ini masih suci kok. Kamu Itu emang keterlaluan ya. Masa sih cerita Lala yang cuma fiktif itu kamu kira kisah nyata. Ketahuilah, Boy! Tokoh di dalam cerita Lala itu gak benar-benar ada, tokoh itu murni rekaan dia yang mau mengangkat tema soal pacaran dan perzinahan," jelas Indah yang sengaja tidak mau membuka aib sahabatnya.
"Ja-jadi itu betul-betul bukan lu? Dan tokoh itu cuma rekaan belaka?"
Indah mengangguk.
"Kalo gitu, sori ya, In. Ternyata gua udah salah sangka. Maklumlah, biasanya kan penulis emang suka begitu. Kalo dia gak nyeritain dirinya sendiri, ya dia nyeritain temennya, sahabatnya, atau kedua orang tuanya kalo perlu. Walaupun pada akhirnya, karakter yang semula emang ada itu bakalan berubah dengan sendirinya sehingga jadi beda banget sama karakter aslinya."
"Boy… Ketahuilah! Sebetulnya aku gak yakin sama kamu bukan karena itu, tapi karena sifatku yang masih kekanakan, dan aku emang lom mampu bersikap dewasa."
Boy tersenyum, "Hahaha…! Jadi lu masih kayak anak-anak? Pantes aja selama ini lu jadi pemuja rahasia. Ketahuilah, In. Gua ini udah dewasa, dan gua bisa nerima gimanapun sifat cewek. Mau dia itu pemarah kek, ambekan kek, pokoknya gua gak mo ambil pusing. Gua ini kan laki-laki yang emang kudu belajar sabar ngadepin cewek kayak begitu. Jika gua sabar dan mo mendidiknya dengan cinta dan kasih sayang, gua yakin banget suatu saat cewek kayak begitu pasti bakalan berubah."
"Kok kamu yakin banget sih, Boy? Gimana kalo ternyata aku gak bisa berubah?"
"In… siapa pun yang blajar agama pasti akan bisa berubah, begitu juga sama lu. Kalo lu emang betul-betul mo ngikutin ajaran agama, gua yakin lu pasti bakal bisa berubah. Dulu, gua ini juga kekanakan. Skarang pun sebetulnya masih, tapi gak parah kayak dulu. Kalo dulu mah, gua sering hamtam kromo. Halal haram, baik buruk, gua gak peduliin, yang penting gua bisa happy. Maklumlah, namanya juga masih kekanakan alias belon dewasa, belon bisa ngebedain mana mana pantes gua lakuin dan yang enggak. Tapi setelah gua makin tambah usia, dan ilmu agama gua juga udah semakin bertambah, gua pun jadi lebih bisa ngebedain. Karenanyalah skarang gua gak bisa asal hamtam kromo, gua harus pikirin masak-masak dulu setiap mo ngambil putusan. Karena itulah, kalo gua punya istri yang kenakan kaya lu, gua gak bakal main tangan sembarangan. Gua itu kudu sabar dan juga kudu bisa ngambil putusan dengan bijak. Gua juga harus mikir gimana caranya supaya orang kayak lu itu bisa berubah. Kalo gua sampe main tangan, itu namanya gua juga masih kekanakan dan belon pantes disebut dewasa."
"Wah, kalo gitu bisa-bisa kamu bakal jatuh cinta betulan sama aku. Dan itu artinya, aku bakalan kepaksa jadi istri kamu."
"Hehehe…! Makanya, lu pikirin lagi niat lu yang mo jadiin gua pacar boongan. Sebab kalo gua sampe jatuh cinta beneran sama lu. Itu artinya, lu emang kudu tanggung jawab."
"Wah, gawat kalo gitu. Masa sih aku kudu nikah sama kamu. Cowok yang kalo di ceritanya si Lala gak pantes nikah sama cewek baik-baik kayak aku."
"Apa??? Lu cewek baik-baik? Apa gua gak salah denger. Eh, In. Ngaca dong, masa cewek baik-baik berpenampilan seksi begitu."
"Boy… kalo kamu mo tau, aku berpenampilan kayak gini tuh biar enak diliat. Dan kalo ada banyak orang yang seneng ngeliat penampilanku ini, itu artinya aku akan dapat pahala yang banyak karena udah nyenengin hati banyak orang."
"Ueeedannnn… pikiran lu emang udah kusut. Kayaknya susah dah gua buat ngelurusinnya."
"O ya, Boy. Selain kamu itu udah gak perjaka, kamu itu juga seorang pengangguran yang belon mapan. Coba deh kamu pikir, apa mungkin aku bisa bahagia tanpa dukungan materi yang cukup!"
"Dasar cewek matre, yang ada dipikiran lu itu emang cuma materi melulu."
"Materi itu penting, Boy… Tanpa itu, gimana aku bisa bahagia. Sungguh, aku gak bisa ngebanyangin gimana susahnya jadi istri kamu. Setiap hari aku kudu ngelayanin kamu, ya masak, cuci piring, cuci baju, setrika, dan masih banyak lagi. Apalagi kalo aku udah punya anak, pasti bakalan tambah repot. Emangnya aku ini pembantu kamu apa?"
"Begitulah kalo cewek yang masih kekanakan dan belon paham arti kehidupan, bisa seneng cuma dengan cara begitu. Andai aja lu paham kenapa lu diciptain, lu gak akan berpikiran begitu. Kayak si Lala contohnya, seorang cewek dewasa yang udah paham arti kehidupan. Sungguh, dia itu emang cewek yang udah bikin gua terkagung-kagum. Waktu itu dia pernah bilang, kalo dia kawin, dia mo ngelayanin suaminya atas dasar cintanya kepada Tuhan. Dia mencintai suaminya pun juga karena itu. Jadi, setiap kali dia melayani suaminya dilakuin dengan penuh keikhlasan, tanpa ada beban sama sekali. Dengan begitu, dia pun ngerasa seneng karena udah bikin suaminya seneng. Dan yang paling penting adalah, dia ngerasa seneng karena udah bisa ngelaksanain keinginan Tuhan. Sungguh, gua bener-bener salut banget sama dia. Seandainya gua ini masih suci, tentu gua akan bahagia banget jika dia mo jadi istri gua."
"Udalah Boy… kamu tuh gak usah ngayal bisa nikah sama Lala, sebab kamu tuh emang gak pantes buat dia. Dan kamu tuh juga gak usah ceramahin aku. Sebab, aku ini emang gak bakalan bisa berubah kayak Lala, siap jadi pembantu kaum cowok. Apalagi dengan Lala yang sekarang, yang udah pake cadar segala. Kalo aku sampe berbusana ngikutin dia. Bisa-bisa aku dianggap orang yang aneh, keluarga teroris, atau apalah segala tudingan miring yang bikin aku semakin gak mo berbusana kayak Lala. Apalagi setelah beredarnya film-film cewek berjilbab yang brani berzina, yang teman-temanku bilang sebagai cewek munafik. Mending jadi cewek yang biasa-biasa aja deh, gak akan dianggap sebagai cewek munafik."
"Munafik??? Apa lu dan temen-temen lu gak munafik namanya kalo ngaku Islam tapi hak mo ngikutin ajaran islam? Perlu lu tau, In. Lala itu berbusana begitu karena punya alasan, dan menurut gua alasannya itu cukup masuk akal. Menurut gua, dia berbuat begitu karena kehati-hatian. Lu tau sendiri, zaman sekarang banyak cowok yang udah pada dicuci otaknya sama yang namanya film bokep, termasuk gua. Dan itu juga karena kebijakan pemerintah yak gak mampu ngelindungin gua dari hal-hal kayak begitu. Ketahuilah, In. Dalam film bokep, mulut cewek udah berubah fungsinya gak jauh beda sama yang namanya miss V. Gua rasa, Lala udah paham betul dengan perkara yang satu itu karena dulunya mungkin dia pernah nonton juga. Karena itulah, setelah kini dia berubah jadi cewek shalihah, akhirnya dia jadi risih kalo ada cowok yang sampe ngebayangin kecantikannya, apalagi sampe ngebayangin seperti yang ada di film bokep itu. Terus terang, gua pribadi sangat menghormati dia yang kini udah make cadar demi mencegah fitnah, walaupun gua tau kalo cadar itu hukumnya gak wajib. Dan gak wajib itu bukan berarti gak boleh. Menurut gua, cewek yang berjilbab itu baik, namun cewek berjilbab yang mengenakan cadar itu jauh lebih baik. Dan yang gak baik itu adalah cewek kayak lu, yang udah berbusana tapi masih keliatan telanjang. Kenapa begitu? Sebab orang yang berbusana muslim kayak si Lala itu tentu bisa ngebantu gua biar enggak berpikiran ngeres. Itulah sebetulnya yang dinamakan fitnah, bahwa kecantikan cewek dan keindahan body-nya bisa menzolimi orang yang masih lemah iman kayak gua. Karena itulah, si Lala yang udah begitu peduli sama cowok-cowok kayak gua, tentu ngerasa berdosa kalo sampe bagian tubuhnya menjadi fitnah. Gua betul-betul salut sama dia, yang udah begitu peduli sama kaum cowok yang masih lemah iman ini. Seandainya ada banyak cewek yang kayak dia, tentu gua bisa ngebeningin hati tanpa perlu repot-repot lagi ngurung diri di kamar. Gua bisa bekerja ke mana aja tanpa perlu khawatir lagi bakalan pusing karena keseringan ngeliat cewek kayak lu, yang telanjang di jalanan dan bikin pikiran gua jadi ngeres. Maklumlah, gua kan laki-laki normal yang masih lemah iman, mana belon kawin lagi. Jadi, susah banget buat nundukin pandangan sesuai perintah Allah. Kalau pun nanti gua bakalan masuk neraka karena gak patuh pada perintah Allah itu, tentu gua gak bakalan diam, gua juga akan protes dan akan menuntut cewek-cewek kayak lu supaya ikut juga ke neraka."
"Boy.. kamu kok gitu sih? Udah deh, kamu gak usah nakut-nakutin aku! Pokoknya aku gak mo berbusana kayak begitu. Hari gini, cewek masih dibungkus kayak belimbing."
"In… Gua tuh bukan nakut-nakutin lu. Tapi gua justru kasian dan peduli sama lu. Emangnya lu mo apa, kalo gua tuntut lantaran skarang udah bikin pala gua jadi pusing. Dan ngomong-ngomong soal belimbing. Lu liat tuh buah belimbing yang ada di samping kamar gua, yang dibungkus jelas lebih bagus daripada yang kagak. Lagian, lu itu kan orang Islam. Masa sih lu gak mo ngikutin ajaran Islam."
"Hmm… Apa kamu sendiri udah ngikutin ajaran Islam, Boy?"
"Tentu aja, walaupun masih jauh dari sempurna. Tapi gua akan terus berusaha gimana caranya supaya bisa jadi kayak begitu. Untuk itulah, selama ini gua terus berusaha untuk berpegang teguh kepada ajaran Rasullulah. Bahwa hidup gua hari ini harus lebih baik daripada kemarin, dan ukuran lebih baik itu bukanlah materi melainkan keimanan kepada Allah. Selama ini gua udah gak mabok lagi, udah gak judi lagi, udah gak mo makan sesuatu yang haram lagi, dan masih banyak lagi larangan Allah yang udah gua tinggalin. Dan gua sangat bersyukur karena Allah udah ngasih kesempatan sama gua buat bertobat. Skarang yang masih susah banget adalah masalah libido. Mungkin itu karena skarang ini gua belon kawin, dan gua yakin karena itulah Baginda Rasullulah SAW nganjurin orang kayak gua supaya kudu cepet kawin, biar iman gua tuh bisa sempurna. Tapi sayangnya, setiap cewek yang gua taksir pada gak mo kawin sama gua lantaran gua belon mapan, atau karena tuh cewek ngeliat gua ini bukanlah seorang cowok ideal alias kagak sempurna."
"Udah ah, aku gak mo ngomongin soal itu lagi. Mending kita ngomongin soal pacaran boongan itu! Setelah aku pikir-pikir, kayaknya aku emang gak punya pilihan lain. Kini aku udah betul-betul siap sendainya kamu emang jatuh cinta sama aku. Dan jangan salahkan aku seandainya kelak kamu gak bahagia lantaran punya istri kayak aku. Eng… Gimana, Boy. Apa kamu juga udah siap?"
"Siap apa?"
"Ya, siap jadi pacar boongan aku."
"Eng… Sebetulnya gua berat, In. Tapi, gak apa-apa deh. Itung-itung nolongin lu. Tapi janji ya, lu jangan mancing-mancing gua buat ngelakuin yang enggak-enggak!"
"Huh, siapa sudi. Sok ke-Gr-an banget. Emangnya kamu pikir aku ini cewek apaan, yang mo mancing-mancing kamu."
"Hehehe…! Biasakan cewek emang suka begitu, suka mancing-mancing rasa penasaran cowok."
"Yang begitu sih cuma cewek gatel. Aku ini kan cewek baik-baik, Boy. Biarpun penampilan aku kayak gini, tapi aku tuh bisa ngebedain mana yang pantes aku lakuin dan yang enggak."
"Masa sih..? Emangnya ada anak kecil yang bisa ngebedain mana yang pantes dilakuin dan yang enggak?"
"Ya udah kalo kamu gak percaya, terserah…," ucap Indah dengan raut wajah cemberut.
"In… lu tuh cakep juga ya kalo lagi cemberut kayak gitu."
"Mulai deh… dasar cowok, emang paling bisa kalo ngerayu."
"Ngerayu??? Masa sih cuma ngomong begitu doang dibilang ngerayu. Eh, In. Kalo gua udah ngerayu cewek, bisa-bisa tuh cewek melintir ke GR-an. Trus abis itu langsung klepek-klepek jatuh cinta."
"Buktiin, Boy! Jangan cuma ngomong doang!" Indah menantang.
"Oke akan gua buktiin. Eng… Indah sayang… Lu itu emang cewek paling caem sedunia. Mata lu… Bibir lu… Udah ah, gua gak mo nerusin."
"Emangnya kenapa, Boy?"
"Lu tuh, emang paling bisa ngakalin gua. Belon lama gua bilang jangan mancing-mancing gua, eh udah kejadian…"
"Lho… kok kamu nuduh aku begitu sih? Aku kan cuma mo buktiin omongan kamu doang."
"Au ah gelap. Sok pake ngeles lagi."
"Ya udah, kalo kamu emang gak mo percaya. Sebel aku."
"Ngambek… dasar anak kecil."
"Boy… kok kamu gitu sih?"
"Jadi gua kudu gimana, In. Gua ngomong kayak gitu lu protes. Kalo gua ngomong kayak tadi, ntar lu sangka gua ngerayu. Adaawww!!! In, lu tuh apa-apa sih? Kok lu malah nyubit gua, sakit tau!"
"Sukurin. Lagian, kamu udah bikin aku kesel."
"Dasar anak kecil."
"Biarin…"
"Kalo gitu, gua gak mo deh jadi pacar boongan lu. Terus terang, gua bisa stress ngadepin cewek kayak lu."
Indah tersentak. "Boy… katanya… kamu udah dewasa. Katanya… kamu bisa sabar ngadepin cewek kayak aku," keluh Indah penuh kemanjaan.
"In… inget! Gua ini bukan siap-siapa lu. Gua ini cuma temen. Dan lu gak pantes ngelunjak kayak begitu. Perlu lu tau ya! Gua cuma bisa bersikap begitu sama orang yang gua cinta, orang yang gua sayang. Sedangkan lu, cuma temen biasa yang belon gua cinta, apa lagi sampe gua sayang. Inget itu!"
Mendengar itu, Indah langsung sedih. Sungguh dia tidak menyangka kalau cubitan manjanya tadi telah membuat orang yang dicintainya menjadi seperti itu. Kini gadis itu tidak mampu lagi berkata-kata, dia hanya bisa menangis dan menangis.
"In… maapin gua ya..! Kalo omongan gua tadi udah nyakitin lu. Sebetulnya gua gak mo ngomong kayak begitu, tapi lu juga sih… pake mancing kemarahan gua… Dan gua janji, gua akan tetep bantu lu buat jadi pacar boongan."
Betapa bahagianya indah setelah mendengar semua itu. "Be-betul begitu, Boy…?" tanyanya seakan tidak percaya.
Boy mengangguk, sedang di bibirnya tersunging sebuah senyum yang membuat hati Indah betul-betul lega. Begitulah Boy, dia paling tidak tahan melihat cewek menangis. Baginya, cewek itu adalah sosok yang harus dilindungi, dicintai, dan disayangi. Jika dia sampai menyakiti, dia betul-betul merasa sangat berdosa dan merasa perlu untuk menebus kesalahannya itu. Sementara itu di tempat berbeda, di tepian kolam ikan kecil yang dipenuhi ikan hias berwarna-warni, Lala tampak sedang bersedih. Sungguh gadis itu tidak menyangka, kalau prasangka baiknya selama ini telah membuatnya menderita. Andai saja dia tahu perihal jati diri Boy sejak awal, mungkin kini dia sudah menjadi istrinya. Tapi begitulah takdir, sebuah sistem pilihan yang tak dapat di ubah, namun bisa dipilih sekehendak hati.
Hidup itu adalah memilih takdir. Jika manusia memilihnya berdasarkan Al-Quran dan Hadits Rasul, maka nilainya adalah ibadah. Namun jika tidak, maka nilainya adalah durkaha. Buah dari ibadah adalah pahala, dan buah dari durkaha adalah dosa. Dan hasil timbangan dari keduanya itulah yang akan menentukan takdir manusia masuk surga atau neraka. ! Kalau manusia dan jin itu dipersilakan untuk memilih berbagai takdir yang sudah tersedia dan tertulis jelas pada kitab Lauhul Mahfuzh. Kitab itu adalah bagian dari "Listing Program" kehidupan manusia di Jagad Raya, dan juga keadaan Jagad Raya itu sendiri. Sebab, dari awal penciptaan hingga kematiannya, segala tingkah laku dan perbuatan manusia memang sudah di tentukan dalam kitab tersebut, baik itu segala yang baik maupun segala yang buruk. Begitu pun dengan keadaan Jagad Raya ini, yang dari awal penciptaannya adalah bermula dari sebuah ledakan Dahsyat (Big Bang) hingga akhirnya menjadi Jagad raya yang sempurna dan terus mengikuti Hukum Sunatullah (Hukum ketentuan Allah) yang kesemuanya sudah ditentukan pada kitab Lauhul Mahfuzh. Bahkan dari partikel debu hingga keadaan Jagad Raya seluruhnya, semua sudah ditentukan. Juga dari sebuah huruf hingga ensiklopedia, semuanya juga sudah ditentukan. Subhanallah... Sebuah daun kering yang sedang gugur! Daun kering itu tampak terbang melayang dengan berliuk-liuk, kemudian jatuh di atas aliran sungai, lalu hanyut bersama aliran air yang terus mengalir, hingga akhirnya daun itu tenggelam di dasar sungai, kemudian membusuk dan terurai. Sungguh semua peristiwa itu¾dari mulai gugurnya daun hingga sampai mengurainya sudah tertulis jelas di kitab Lauhul Mahfuzh.
Dan untuk bisa memilih dengan baik Allah pun menurunkan Kitab Suci dan juga Nabi dan Rasul yang bisa dijadikan teladan oleh umat manusia. Bukan hanya manusia, tapi juga jin yang hidup di alam gaib. Sebelum manusia, Allah mempercayakan kalau dunia yang diciptakan-Nya agar ditempati dan dirawat baik-baik oleh bangsa jin. Namun ternyata bangsa jin justru merusaknya. Karena itulah lantas Allah membuat sebuah skenario baru, yaitu agar manusia bisa menggantikan peran jin di dunia. Untuk tujuan itulah lantas Allah menciptakan Adam dan Hawa yang dengan perantara Iblis akhirnya harus tinggal di dunia. Begitulah cara Allah bekerja, yaitu dengan menciptakan berbagai takdir yang harus dipilih oleh makhluk ciptaannya. Dan untuk bisa memilih dengan baik, Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang juga membekali manusia dengan akal dan hati nurani agar bisa melindungi manusia dari pilihan yang salah. Karena kedua hal itu masih belum cukup untuk membuat manusia memahami tujuan diciptakannya, lantas Allah juga menurunkan Nabi dan Rasul yang membawa pesan kebenaran. Hingga akhirnya pesan kebenaran itu menjadi kitab-kitab suci yang kita kenal sekarang, yaitu Zabur, Taurat, Injil, dan yang telah disempurnakan yaitu Al-Quran, yang diturunkan sebagai Mukjizat untuk Rasul yang paling dicintai-Nya yaitu Muhammad SAW.
Ketahuilah! Sewaktu di alam roh, setiap jiwa sudah menandatangani kontrak perjanjiannya dengan Allah, yaitu manusia bersedia untuk menjadi khalifah di muka bumi ini¾yaitu untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa membuat kehidupan di dunia menjadi seperti keinginan Allah. Jika setiap jiwa tidak melanggar perjanjian itu, maka ia akan dihadiahkan Surga. Namun jika dia melanggar, tentu saja dia akan mendapat sangsinya, yaitu Neraka. Itulah salah satu hakikat tujuan diciptakannya manusia, yaitu menjadi khalifah yang bertakwa kepada Allah--Tuhan Semesta Alam, yang senantiasa menyembah dan beribadat kepada-Nya. Hakikat lain diciptakannya manusia adalah agar manusia bisa mengenal-Nya dan juga bisa memahami kenapa Allah menciptakan semua yang ada dijagad raya ini, baik yang nyata maupun yang gaib. Allah sangat senang dan bangga bila manusia bisa mengenal-Nya dan juga bisa memahami tujuan penciptaannya.
Kembali ke masalah takdir. Pada awalnya, takdir manusia sudah di tentukan sama. Namun akan menjadi berbeda setelah dia mulai memilih. Manusia hidup kaya bisa bahagia dan juga bisa menderita, manusia hidup sederhana bisa bahagia dan juga bisa menderita, manusia hidup miskin bisa bahagia dan juga bisa menderita. Semuanya tergantung kepada pamahaman manusia itu sendiri tentang agama dan juga nilai ketakwaannya kepada Allah. Itulah yang akan menentukannya hidup bahagia atau tidak. Sebab dengan adanya pemahaman agama yang baik dan juga nilai ketakwaan yang baik, maka manusia bisa mengambil keputusan dengan cara yang baik dan benar pula. Pemahaman agama yang baik berguna untuk bahan pertimbangan akal, sedangkan takwa berguna untuk membersihkan nurani. Takwa itu adalah mau mengamalkan semua perbuatan baik (Perintah Tuhan) dan mau menjauhi semua perbuatan buruk (Larangan Tuhan). Akal manusia membutuhkan yang namanya petunjuk, dan petunjuk yang lurus itu adalah Al-Quran dan Hadits.
Pada mulanya akal bertanya, manakah yang terbaik dari ketiga pilihan ini. Lantas akal segera menimbangnya. "Hmm... yang mana ya?" tanya akal bingung. Saat itulah Ego bermain, ia menganjurkan akal untuk memilih berdasarkan kesenangan dunia. Mengetahui itu, Nurani pun tidak tinggal diam, ia menyarankan untuk memilih berdasarkan pertimbangan akhirat. Saat itu Ego dan Nurani bertarung membenarkan pendapatnya masing-masing. Dari pertarungan pendapat antara Ego dan Nurani itulah, akhirnya akal kembali melakukan penimbangan. Dan disaat itu pula dibutuhkan petunjuk yang berdasarkan kepada Al-Quran dan Hadits.
Jika saat itu nilai ketakwaan manusia masih kurang, maka akal akan lebih condong menuruti ego. Dan jika saat itu nilai ketakwaan manusia baik, maka akal akan lebih condong menuruti nurani. Jika manusia menuruti ego risikonya lebih besar ketimbang menuruti nurani. Sebab jika menuruti ego karena bisikan syetan tentu ia akan celaka, namun jika menuruti ego dan masih dilindungi oleh Tuhan tentu ia masih bisa selamat. Karenanyalah, lebih aman adalah dengan mengikuti nurani. Namun sayangnya, kemampuan nurani dalam upaya memberi petunjuk tergantung kepada kebersihannya. Ia bisa diibaratkan dengan gelas bening yang berisi air jernih yang secara otomatis bisa menjadi kotor. Jernih dan kotornya air dalam gelas tergantung tingkat ketakwaaan seseorang. Semakin tinggi nilai ketakwaan manusia, maka akan semakin jernih air dalam gelas. Begitu pun sebaliknya, semakin rendah nilai ketakwaan manusia, maka akan semakin kotor air dalam gelas. Jika air dalam gelas sangat jernih, maka setitik pasir pun akan mudah terlihat. Namun jika air dalam gelas kotor, maka segenggam batu pun tak mungkin terlihat. Hal ini berlaku untuk semua manusia, baik muslim maupun non muslim. Namun kejernihan nurani non muslim yang baik, masih kalah jauh dengan kejernihan nurani seorang muslim yang baik. Karenanyalah seorang muslim yang nuraninya bersih, ia akan mudah untuk membedakan mana perbuatan baik dan mana yang buruk, mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan, mana yang jujur dan mana yang bohong, mana yang jahat dan mana yang baik. Begitu pun sebaliknya, jika nurani kotor maka dia akan sulit untuk bisa membedakan. Jika sudah begitu, nurani tidak bisa diandalkan untuk memberitahukan akalnya. Hanya Hidayah Allah saja yang bisa menyelamatkan manusia dari nurani yang kotor.
Nah... begitulah proses akal manusia menentukan pilihan. Jika manusia tidak mau menggunakan akalnya dengan baik dan benar jelas ia akan tersesat. Karenanyalah, jika manusia yakin kalau ia bisa menjadi kaya tanpa menghalalkan berbagai cara dan dengan tujuan yang mulia untuk membantu sesama, maka ia boleh menjadi kaya. Namun jika sebaliknya, maka kaya bukanlah sebuah pilihan yang baik. Begitupun dengan pilihan miskin, jika ia miskin dan menyusahkan orang lain maka pilihan miskin pun bukanlah yang terbaik. Dan sebaik-baiknya pilihan adalah hidup sederhana, sebab Rasullullah pun memang menganjurkan demikian. Sebaik-baiknya pilihan adalah yang di tengah-tengah. Ketahuilah! Jika suatu saat ia sudah siap menjadi orang kaya, maka ia akan menjadi orang kaya yang bertakwa dan sangat dermawan. Kenapa bisa begitu? Sebab biarpun dia memiliki harta yang berlimpah ruah, ia tetap akan memilih untuk hidup sederhana dan berhaja. Dan secara otomatis harta yang berlebihan itu tentu akan ia hambur-hamburkan untuk tujuan yang mulia. Begitupun jika suatu saat dia sudah siap untuk menjadi orang miskin, maka ia akan menjadi orang miskin yang zuhud, yang senantiasa bertakwa kepada Allah dan tidak pernah menyusahkan orang lain.
Begitulah takdir. Sebenarnya semua pilihan sama saja. Lantas kenapa semua itu bisa menjadi begitu sulit dan membuat kepala jadi pusing tujuh keliling. Sebab, manusia terkadang memang lebih condong kepada Ego. Seperti yang telah dialami oleh Boy, Lala, dan Indah. Ketiganya dihadapkan dengan berbagai pilihan, dan setelah adanya pertimbangan akal lantas ketiganya bisa mengambil putusan. Lala pun kini sedang bingung. Apakah dia memang harus menghianati sahabatnya sendiri demi kebahagiaannya. Maklumlah, dia kan sudah kepalang basah merestui Indah yang sangat mencintai Boy.
"Duhai Allah… Egoiskah aku jika sampai menghianati sahabatku sendiri. Padahal, aku melakukan itu demi untuk membahagiakan Boy. Berdosakah aku yang telah dipercaya oleh Boy agar bisa membantunya menjadi baik, tapi malah diam saja lantaran ketakutanku akan keegoisan? Duhai Allah… berilah aku petunjuk-Mu agar aku bisa menemukan jalan keluar yang baik, jalan keluar yang bisa melegakan kami yang terlibat," mohon Lala penuh pengharapan.
Kini Lala tampak memandang ke arah air terjun kecil, yang tanpa henti terus bergemiricik¾mengalir jatuh ke kolam ikannya, yang jika di pegunungan sana betul-betul menggambarkan makna cinta sejati, yang dengan kerendahan hati dan ketulusannya memberikan pelayanan kepada mahluk ciptaan Tuhan.
"Duhai Allah yang mengusai jiwaku. Karuniakanlah hamba-Mu ini akan makna cinta sejati, cinta yang membuatku senantiasa mau bertakwa kepada-Mu dan tidak pula menghakimi segala rencana-Mu. Jernihkanlah hatiku sehingga aku mampu berserah diri secara total. Dan karena keberserahan itulah aku bisa menjalankan segala takdir-Mu dengan penuh keikhlasan, sehingga aku pun akan senantiasa bersyukur ketika mendapat nikmat dari-Mu dan senantiasa bersabar ketika mendapat ujian dari-Mu.. Amin…" ucap Lala yang lagi-lagi memohon pertolongan Allah.
Kini gadis itu berdiri dari duduknya, kemudian melangkah menghampiri setangkai mawar yang mekar begitu indah. "Duhai Mawar… Dulu lahirku indah sepertimu, namun kini telah layu setelah kumbang mengambil nektarku. Namun, aku tak mau gugur sepertimu, yang helai demi helai berjatuhan, tak berharga sama sekali. Duhai Mawar… aku tak sepenuhnya seperti dirimu, yang cuma pasrah menghadapi takdir. Aku adalah manusia yang dikaruniakan akal, yang dengannyalah aku dituntut mencari jalan keluar."
Usai berbicara dengan mawar, Lala pun segera melangkah ke kamarnya dan menulis mengenai isi hatinya. Pada saat yang sama, di kediaman Boy. Tok! Tok! Tok! Bakso…! Bakso…! Terdengar penjaja Bakso yang biasa lewat di muka rumah Boy. "In…? Lo mo bakso gak, kebetulan gua udah laper nih?" tanya Boy kepada Indah.
"Eng, baksonya enak gak? Pake daging sapi apa daging tikus? Pengawetnya pake formalin gak?"
"Wedew…! Lu jangan paranoid gitu dong! Tuh tukang bakso langganan gua. Selain baksonya enak, dia itu juga seorang pedagang yang bertanggung jawab. Pokoknya dia gak bakal mau deh menzolimi pelanggannya. Gimana, lu mau gak?"
"Kalo gitu, aku mau deh."
Mengetahui itu, Boy pun langsung memandang ke arah tukang bakso yang masih mangkal di depan rumahnya. "Mas Bewok! Baksonya dua mangkok, seperti biasa, dan gak pake lama!" teriaknya kemudian.
kini pemuda itu sudah kembali berbincang-bincang dengan pacarnya. Membicarakan perihal rencana mereka yang akan segera memproklamirkan hubungan cinta mereka kepada kedua orang tua Indah. Keduanya terus berbincang-bincang, hingga akhirnya bakso yang dipesan tadi kini sudah berada di tangan masing-masing.
"Gimana, In. Enak kan?" tanya Boy kepada Indah.
"Iya, Boy. Aku betul-betul enggak nyangka, kalo bakso keliling ternyata bisa enak juga kayak gini. Ngomong-ngomong, brapa satu porsinya?"
Mengetahui pertanyaan itu, tiba-tiba Boy teringat akan sesuatu. "Alamak… gua lupa kalo duit gua udah abis buat bayar utang tadi pagi. Wah, terpaksa jadi ngutang lagi nih," kata Boy dalam hati.
"Boy… kok kamu diam aja sih?" tanya Indah mengingatkan.
"O… satu porsinya cuma lima ribu kok."
"Wah, murah juga ya. Padahal bakso ini lebih enak daripada yang dijual di kedai bakso langganku."
"Ya, namanya juga bakso keliling. Penjualnya kan gak perlu bayar sewa tempat segala."
"Iya juga sih. O ya, Boy… Ngomong-ngomong ortu kamu ke mana sih, kok gak pernah keliatan?"
"Biasa… Mereka…" Boy menggantung kalimatnya. "Gak jadi deh. Kayaknya lu gak perlu tau deh," lanjutnya kemudian.
"Pelit banget sih kamu, Boy. Masak segitu aja gak boleh tau. Kamu betul-betul bikin aku jadi penasaran. Ayo dong, Boy… Sebenarnya mereka ke mana sih?"
"Oke-oke, kalo lu emang mo tau skarang juga gua akan bilang. Eng, begini In... Sebetulnya tuh Bokap gua sibuk ngurusin istri mudanya. Dan nyokap gua sibuk ke pengajian yang kalo gua perhatiin kayaknya lebih mentingin soal baju seragam, arisan, dan saling pamer perhiasan. Gua bener-bener sebel sama kelakuan ortu gua. Apalagi sama kelakuan nyokap gua. Lu banyangin aja, setiap hari gua kudu makan mi instant lantaran nyokap gua jarang masak. Padahal, gua pengen banget setiap waktu makan masakan nyokap gua yang dengan penuh kasih sayang mo dimasakin buat gua."
"Boy… Kamu tuh manja manget sih. Katanya udah dewasa, tapi kelakuan masih layak anak kecil begitu. Kamu tuh gak boleh gitu, tau!"
"In, ini bukan soal manja atau enggak manja. Ini soal perhatian dan kasih sayang. Lu tau sendiri kan, selama ini gua belon punya pendamping. Gua tuh butuh banget sama yang namanya kasih sayang dan perhatian dari orang yang katanya cinta sama gua. Gua tuh cuma mo buktiin aja, kalo mereka tuh betul-betul cinta dan sayang sama gua. Kalo gua tanya, mereka selalu bilang sayang dan cinta banget sama gua. Tapi anehnya, selama ini mereka malah justru sering nyuekin gua."
"Boy… sebetulnya aku juga sering ngerasa gitu. Malah aku aku ngerasa ortuku tuh egois banget, pokoknya apa mo mereka ya kudu aku turutin. Kalo enggak, mereka bisa murka banget. Padahal, gak setiap keinginan mereka kudu kita turutin kan. Contohnya ya soal perjodohan itu, yang betul-betul membuatku stress. Masa sih aku mo dijodohin sama orang yang udah punya tiga orang istri. Apa iya aku bisa bahagia sama orang seperti itu?"
"Bahagia itu sangat relatif, In. Tergantung gimana orang mo menyikapi. Ada cewek yang kawin sama cowok yang anti poligami, tapi akhirnya dia juga gak bahagia, tapi ada juga cewek yang kawin sama orang yang berpoligami toh dia bisa hidup bahagia. Ya, pokoknya tergantung gimana para pelakunya ngejalanin hidup, mo pake ajaran agama apa enggak."
"Boy… aku boleh tanya gak? Sendainya kelak kamu punya istri, kamu mo milih monogami apa poligami?"
"Itu sangat tergantung sama situasi… Jika gua kawin, dan istri gua ternyata mandul, atau ada perkara lain yang mengharuskan gua supaya kawin lagi. Maka, mo gak mo gua kudu kawin lagi. Kenapa? Sebab, gua punya cita-cita, yaitu pengen punya investasi anak-anak yang shaleh dan juga mo menegakkan agama Allah. Perlu lu tau, In. Mo piligami juga gak segampang keliatannya, butuh pertimbangan yang betul-betul mateng dan juga alasan yang betul-betul tepat. Maklum aja, yang namanya manusia itu punya banyak kekurangan, dan kesalahan mengambil putusan sangat mungkin terjadi. Karena itulah, jika suatu saat nanti gua emang mampu dan harus berpoligami, apa salahnya. Namun kalo enggak, ngapain juga maksaain diri. Tujuan utama sih mo berinverstasi dan menegakkan agama Allah, tapi kalo tujuan mulia itu justru bikin gua berdosa lantaran gak sanggup memenuhi syarat poligami, mendingan enggak deh."
"Boy… kira-kira kamu mampu gak?"
"Mana gua tau. Gua kan bukan Tuhan yang tau soal masa depan gua."
"Kira-kira aja, Boy."
"In, gua ini juga bukan paranormal yang bisa ngira-ngira."
"Wah, repot juga kalo gitu."
"Kok repot?"
"Iya, Boy… kamu itu susah banget diprediksi."
"Udah deh, mending kita ngomong yang lain aja ya!"
Indah pun setuju dengan usul itu, lantas keduanya segera melanjutkan perbincangan dengan topik yang berbeda, hingga akhirnya bakso mereka pun habis tak tersisa. Kini Boy tampak sedang mengembalikan mangkok kosong yang sejak tadi sudah ditunggu oleh pemiliknya. Dan setelah berbincang sejenak dengan Mas Bewok, Boy pun segera kembali menemui Indah dan melanjutkan perbicangan mereka.