E-Book dan Game Gratis

E-book                      Game & Software
Bagi anda yang ingin membaca secara offline, silakan download format e-book-nya di sini!

PP Anti Poligami vs PP Gaun Kurung Bercadar

===================================================
  PP Anti Poligami vs PP Gaun Kurung Bercadar
===================================================


Pada suatu hari, di negeri nun di sana. Para istri banyak yang shock lantaran ada seorang suami yang kawin lagi. Di mana-mana, orang sibuk membicarakan perkara itu. Para pemikir, kuli tinta, bapak-bapak, dan ibu-ibu, semua sibuk membahas soal poligami yang kini kembali naik daun. Tak ketinggalan, seorang pengangguran bernama Jekky juga ikut-ikutan membicarakannya.
"Heran… kenapa ya? Kok cuma gara-gara beliau kawin lagi lantas ibu-ibu jadi pada ketakutan begitu, malah ada yang minta agar poligami itu dilarang?" tanya Jekky kepada seorang satpam yang sedang bertugas di kompleks permukiman tak jauh dari rumahnya.
"Gimana enggak takut, Jek. Beliau itu kan idola mereka, dan begitu tau idola mereka ikut-ikutan berpoligami. Mereka lantas pada ketakutan kalo tuh idola bakal dicontoh sama suami mereka. Maklumlah, dulu jika ada seorang suami yang berniat kawin lagi, para istri punya contoh bagus yang patut diteladani oleh suami mereka, yaitu idola mereka itu. Kata mereka, contoh tuh beliau. Walaupun sebetulnya beliau mampu berpoligami, tapi beliau enggak mo berpoligami. Soalnya poligami itu emang gak gampang dan butuh tanggung jawab yang besar. Kalo poligami cuma nurutin nafsu, mendingan jangan deh. Soalnya ujung-ujungnya malah bisa bikin dosa. Tapi sekarang, sepertinya susah tuh buat para istri mencarikan teladan buat suami mereka. Maklumlah, di negeri ini yang anti poligami itu cuma orang-orang munafik dan gak normal, sedangkan mereka yang betul-betul sehat dan taat kepada ajaran agama justru gak mempermasalahkannya," jelas si satpam yang selama ini memang sering menemani pemuda itu ngobrol di gardunya.
"Lho, kok bisa begitu sih, Bang?" tanya Jekky yang cuma lulusan SD itu penuh kebingungan.
"Maklum aja, di negeri ini kan perempuan banyak yang terbuka, alias banyak yang memperlihatkan keindahan tubuh dan kecantikan wajahnya. Selain itu, pria dan wanita bisa berinteraksi tanpa batasan yang jelas. Akibatnya, banyak para suami yang ngerasa kalo rumput tetangga itu jauh lebih hijau."
"Rumput tetangga lebih hijau? Apa hubungannya? Gak nyambung nih," kata Jekky semakin bertambang bingung.
"Duuh… bego amat sih lu, Jek. Maksud gua tuh, kalo istri di rumah kalah cantik sama teman sekantor atau teman sepergaulannya."
"O… jadi begitu ya, Bang," kata Jekky seraya menganguk-angguk tanda mengerti.
"Eh, Jek? Lu tau gak, sebetulnya gua juga udah lama pengen kawin lagi. Sama itu tuh, pembantunya pak Jono--juragan gua, yang udah bikin gua naksir berat. Lu banyangin aja, body-nya itu tuh. Wuihh… bak gitar spanyol. Trus itu tuh, matanya, bening laksana embun pagi. Hidungnya pun mungil menggemaskan. Dan yang paling gua suka, itu tuh… bibirnya, wuiih kayak delima merekah. Apa lagi kalo dia tersenyum, wuiih… manis banget. Tapi sayang, gua ini cuma satpam. Coba kalo gua pengusaha kaya, pasti si Marni udah gua kawinin dari ke maren-maren. Tapi gak apa-apa deh, ntar juga kalo udah ada rejeki, si Marni bakal gua kawinin. Lu bayangin aja Jek, masa tiap hari gua cuma biasa ngeliatin dia doang. Kan enaknya dia di…" satpam yang menjadi teman ngobrol Jekky itu tampak malu-malu untuk mengatakannya.
"Enaknya diapain, Bang?" tanya Jekky penasaran.
"Udalah… masa sih segitu aja lu gak paham. Makanya buruan lu kawinin si Lela, biar lu paham. Umur lu kan udah 25 taun, Jek. Udah pantes banget buat kawin. Gua aja dulu kawin malah umur 20 taun, dan bini gua waktu itu masih 14 taun," anjur si satpam sambil terkekeh.
"Ah, Bang Urip bisa aja nih. Masa orang dulu mo disamain sama anak muda sekarang," kata si Jekky sambil tersipu-sipu.
"Eh, Jek. Umur gua tuh baru 35 taun. Jaman gua masih muda dulu, ya gak jauh beda sama jalan lu sekarang. Lu tau kenapa gua kawin muda, sebab gua dan pacar gua takut banget kalo sampe berzinah."
"Sama dong, Bang. Aye dan Lela juga takut banget kalo sampe berzinah."
"Nah, kalo gitu kenapa lu gak buru-buru kawin."
"Soalnya aye emang belon siap, Bang. O ya, Bang. Ngomong-ngomong, emangnya bini abang setuju kalo Abang kawin lagi."
"Setuju gak setuju bodo amat, Jek. Dia minta cerai juga gak apa-apa. Dari pada gua pusing mikirin si Marni terus, lama-lama gua bisa gila, Jek. Lu tau kan, kalo gua takut banget sama yang namanya zinah. Jangankan zinah, cuma mikirin mo begituan sama si Marni aja udah bikin gua ngerasa berdosa. Gua ini kan orang timur, Jek. Bukannya jagoan di film hollywood yang begitu ketemu perempuan cakep bisa langsung tancap gas. Kayak itu tuh, si James Bond yang gak beda jauh sama kucing gua, yang kalo mau begituan bisa sama siapa aja tanpa kenal waktu dan tempat."
"Makanya jangan dipikirin, Bang!" anjur Jekky sok menasihati.
"Jangan dipikirin pala lu peyang. Lha… tiap hari kan dia lewat sini, dan tiap hari dia juga sering bawain gua kopi. Kalo udah begitu, mau gak mau, gua pasti bakalan ngeliatin body-nya, matanya, idungnya, dan bibirnya yang selalu tersenyum menggoda. Nah, kalo udah keseringan begitu, gimana gua gak jadi kepikiran, Jek?"
"Kalo gitu, suruh aja si Marni pake gaun kurung yang bercadar, Bang. Biar Abang gak bisa ngeliat perabotannya lagi. Itu lho, Bang. Seperti yang dipake oleh orang-orang yang ada di belahan timur sana."
"Lha… lu udah sinting rupanya, Tong. Mana mau si Marni di suruh pake begituan."
"Kalo gitu, repot juga ya, Bang."
"Ya.. emang repot. Apalagi kalo sampe PP Anti Poligami jadi dibuat. Itu artinya poligami akan terlarang di negeri ini, dan itu artinya bakal bikin gua tambah repot. Sebab, siapa yang melanggar tentu akan mendapat sangsi. Kalo sangsi sosial sih masih bisa gua hendel. Seperti kata petah bilang, biarlah anjing menggonggong, namun kafilah tetap berlalu. Masa bodo mereka mau bilang apa, yang penting gua bisa selamat dari zinah. Tapi kalo sampe di kurung 10 taun, siapa yang mau. Dasar… perempuan emang pada egois. Kalo pemerintah bikin peraturan yang mengharuskan perempuan pake busana yang seperti lu bilang tadi, mereka pasti bakalan protes. Menyulitkan kaum wanita katanya. Tapi, kalo para suami pada pusing lantaran mikirin rumput tetangga yang lebih hijau, mereka pada gak mo peduli. Kalo gua pikir-pikir, sepertinya para istri itu lebih senang kalo suaminya pada berzinah ketimbang kawin lagi. Nauzubillaah… jangan sampe dah gua negelakuin hal kayak begitu cuma gara-gara gak diizinin kawin lagi. Pinter banget dah setan ngomporin para perempuan dengan hal-hal yang justru bikin mereka tambah takut. Kata setan, gak ada manusia biasa yang bisa adil. Kalo perempuan sampe di madu, hidupnya akan menderita dan bla… bla... bla... Padahal adil yang dimaksud itu kan bukan soal perasaan, tapi hanya soal pelayanan, waktu, dan materi. Dan itu juga sangat relatif, tergantung dari situasi dan kondisi yang ada. Dan kebahagiaan itu juga sangat relatif, gak bisa di sama ratain. Mentang-mentang banyak perempuan dengki yang gak bahagia hidup dimadu, trus mo seenaknya ngelarang poligami. Duuuh… Gua betul-betul gak abis pikir. Sebetulnya kita tuh mo ngikutin ajaran agama apa mo ngikutin para perempuan dengki itu sih. Gak tau apa kalo kaum lelaki itu punya prangkat biologis yang sulit dikendaliin. Apalagi zaman skarang, kaum lelaki senantiasa di kepung oleh berbagai hal yang bisa memicu prangkat bilogisnya. Lu bayangin aja, Jek. Di jalanan banyak perempuan yang pake baju tapi masih keliatan telanjang. Dan hal kayak begitu tentu aja sangat mengganggu pandangan lelaki. Dan karena itu pula, kaum lelaki jadi tambah susah buat ngendaliin prangkat biologisnya. Dasar manusia sekarang, baru punya ilmu dikit aja udah sok mo nyaingin Tuhan, pake mo bikin aturan yang melarang poligamilah, yang jelas-jelas bertentangan dengan Al-Quran. Dasar… mereka emang para perempuan dengki yang gak punya perasaan. "
"Lha… kok abang sampe sewot begitu sih? Sampai bilang perempuan yang anti poligami itu sebagai perempuan dengki yang gak punya perasaan."
"Eh, Jek. Apa enggak dengki dan gak punya perasaan namanya, kalo dia enggak seneng ngeliat saudaranya bahagia, mana saudaranya itu seiman dan satu kaum lagi--sama-sama perempuan juga. Kalo dia beriman, seharusnya dia turut berbahagia karena suaminya mo ngawinin dia bukan mo menzinahinya. Dan seharusnya dia itu juga bahagia karena suaminya bisa selamat dari perbuatan zinah. Jangan-jangan, para istri skarang banyak yang mencintai suaminya karena cinta buta. Kalo udah begitu, pantes aja dari mereka banyak yang menolak, sebab mereka itu lebih mentingin ego ketimbang ngikutin ajaran agama."
"Eh, Bang… apa bukan ego namanya kalo mo kawin lagi cuma lantaran nurutin hawa nafsu. Kata Ustad Sanusi yang paling baik itu harus bisa ngendaliin nafsu, bukan malah menurutinya."
"Wah wah, lu tambah pinter aja, Tong. Iya… yang dibilang Ustad Sanusi itu emang betul. Tapi, lu juga harus inget. Gua tuh tinggal di kota, bukannya di gunung. Kalo di gunung mungkin gua masih bisa ngendaliin nafsu, tapi kalo di sini. Wah, kayaknya berat, Jek. Soalnya emang banyak pemandangan bagus. Masa sih gua kudu diam aja di dalam rumah, ntar anak bini gua gak makan dong. Hmm… Kalo gua pikir-pikir, kayaknya para perempuan di kota ini emang kudu ditutup rapet biar para suami gak bisa ngeliat perempuan lain sekendak hatinya. Dengan begitu, para suami akan ngerasa hanya istrinyalah yang paling cantik karena emang gak ada bandingannya lagi."
"Lah… bukannya tadi abang bilang ide itu sinting. Kenapa skarang abang malah jadi ikut-ikutan sinting."
"Habis… kayaknya cuma cara itu yang bisa ngeredam prangkat biologis gua supaya gak kawin lagi. Dan hal itu juga lebih gampang diterapin ketimbang harus ngasih pengertian pada para perempuan agar gak cinta buta. Sebab setau gua, emang hanya pengertian soal cinta buta itulah yang bisa bikin perempuan mau menerima suaminya kawin lagi, dan perempuan yang demikian itu justru ngerasa senang karena udah ngebantu suaminya agar gak berbuat zinah."
"O ya, Bang. Kalo ampe tuh PP Anti Poligami betul-betul mau dikeluarin, Abang gak bakal tinggal diam ya?"
"Tentu aja, Jek. Kalo tuh peraturan emang mau dikeluarin, gua eggak bakal tinggal diam. Gua akan berusaha ngomporin kaum lelaki supaya jangan mo kalah sama perempuan, yaitu minta juga dibuatin peraturan baru, yaitu peraturan yang mengharuskan para perempuan di negeri ini agar menutup perhiasannya rapat-rapat."
"Tul, bang. Aye setuju banget tuh. Itu namanya baru adil. Perempuan jangan cuma menuntut suaminya supaya gak kawin lagi, tapi dia juga harus mau nutupin perhiasannya. Nah lho… silakan pilih deh, mo yang mana!"
"Lha… lu kan belum punya bini, Tong. Kok malah sok ikut-ikutan mendukung?"
"Hehehe…! Habis seru sih, Bang. Bayangin aja, kalo ampe para istri berdemo minta poligami dilarang, trus para suami juga ikut berdemo minta perempuan di tutup rapet. Itu artinya akan terjadi pertarungan hebat antara PP Anti Poligami vs PP Gaun Kurung Bercadar. Wah, kayaknya emang bakalan rame tuh."
"Huss…! Lu gak boleh begitu, Jek. Emangnya lu seneng ya kalo orang pada ribut?"
"Lha… kan biasanya orang-orang emang suka pada begitu, Bang. Mereka lebih seneng ribut ketimbang duduk satu meja buat cari solusi. Eh, Bang. Sebetulnya aye tuh sedih banget ngeliat kondisi di negeri ini, kayaknya orang-orang cuma mo nurutin nafsu ketimbang ngikutin ajaran agama. Contohnya ya… soal undang-undang Anti Porno Grafi dan Porno Aksi itu, sampe sekarang gak jelas nasibnya. Padahal, aye udah ngarepin banget tuh undang-undang bisa di sosialisasiin. Maklumlahlah, Bang. Gara-gara di jalanan banyak perempuan yang kata Abang pake baju tapi telanjang, terpaksa deh aye jadi sering main sabun. Abis… aye pusing, Bang."
"Lha… lu polos amat, Tong. Makanya buruan lu kawinin tuh si Lela, biar tuh sabun di rumah lu gak cepet abis."
"Yah, Abang ini gimana sih? Kan aye udah bilang, kalo aye tuh belon siap. Emangnya orang mo berubah tangga itu gak butuh modal apa? Skarang aja aye masih nganggur. Ntar anak bini aye mo di kasih makan apa, Bang."
"Ya, dikasih makan nasi, Tong."
"Yee… Emangnya bli nasi pake daon."
"Udah deh, mending lu kawinin aja si Lela. Lu gak usah mikirin soal makan. Tar juga kalo lu udah kawin, Insya Allah lu bakal dapet rezeki buat ngempanin anak bini lu. Percaya deh sama gua! Kalo lu gak mo percaya juga, lu boleh tanya Ustad Sanusi. Bener gak omongan gua barusan."
"Hmm… Gitu ya, Bang."
"Ya gituuu deeeh…"
"Eh, Bang? Liat tuh si Marni! Kayaknya dia mo bawain kopi buat Abang."
"Nah, lu liat sendiri kan. Gimana gua gak jadi pusing dan mikirin dia terus kalo tiap hari dia datang dengan dandanan kayak begitu."
"Iya Bang, si Marni itu emang kece dan bahenol. Jangankan abang yang udah pernah ngerasain begituan. Aye aja yang belon, udah bisa ngebayangin gimana enaknya."
"Hah??? Lu ngomong apa barusan, Tong? Jangan sembarangan lu! Dia itu calon bini gua, tau."
"Ups! Sori, Bang. Bukan maksud aye mo lancang ama calon bini Abang. Tadi aye  cuma kelepasan ngomong."
"Wah, pantes lu betah nongkrong di sini. Jadi, selama ini lu juga sering merhatiin si Marni ya?"
"Gak kok, Bang. Beneran dah enggak."
"Gua gak percaya. Hmm… Ini emang gak boleh didiemin aja, kayaknya gua emang kudu buru-buru ngawinin si Marni. Dan mudah-mudahan aja dia mau disuruh nutupin body-nya yang bahenol itu. Kalo udah begitu, lu gak bakalan lagi bisa ngeliat seenak mata keranjang lu. Rugi gua, kalo si Marni calon bini gua lu pelototin terus."
"Yee… enak aja ngatain orang mata keranjang. Apa Abang bukan mata keranjang namanya kalo sering ngeliatin si Marni yang belon jadi bini Abang."
"Eh, Tong. Kalo lu mo tau. Mulanya gua udah berusaha gak mo ngeliatin dia. Tapi emang dasar dianya aja yang ganjen, berusaha menarik perhatian gua. Lu tau sendiri, gua ini laki-laki normal. Kalo dia keseringan kayak begitu, ya akhirnya gua gak tahan juga. Ya… jadinya  kepaksa deh gua ngeliatin dia terus. Kayaknya, dia emang seneng banget kalo gua liatin. Buktinya, tuh kopi selalu datang tepat waktu, di saat mata gua udah mulai ngantuk."
"Alo, Bang Urip! Pasti Abang udah mulai ngatuk ya. Ini kopinya, Bang. Udah Marni buatin spesial buat Bang."
"Spesial…? Tapi kok kayaknya sama aja sama yang kemarin-marin."
"Yang ini beda, Bang. Kopi spesial…  Kopi stardunk yang biasa di minum sama Juragan."
"Hah! Jadi, lu nyolong kopi punya Juragan. Gak, deh. Kalo tuh kopi hasil colongan gua gak mo minum."
"Enggak lah, Bang. Orang juragan sendiri yang nyuruh Marni supaya bikinin kopi ini buat Abang. Katanya, skali-kali Abang emang perlu ngerasain kopi yang enak ini."
"Betul nih? Wah, kalo gitu juragan emang bae. Padahal dari dulu gua udah ngimpi, pengen banget ngerasain enaknya kopi stardunk. Sini, gua udah gak sabar pengen nyicipin enaknya tuh kopi."
"Biar Marni yang tuangin ya, Bang."
"Lu itu emang paling bisa nyenengin hati gua. Kalo gitu, buruan dah lu tuangin tuh kopi."
Tanpa buang waktu lagi, Marni pun segera menungkan kopi yang tersimpan di dalam teko awet panas itu ke dalam sebuah cangkir.  
"Nah… ini kopinya, Bang," kata Marni dengan sebuah senyum tersungging di bibirnya.
Saat itu, Bang Urip segera menanggapinya dan langsung menyeruputnya sedikit. "Wah wah… ini kopi emang betul-betul paten. Apalagi yang nyeduh kopi ini lu, Mar. Wah, rasanya makin tambah nikmat aja."
"Ah, Bang Urip bisa aja nih," kata Marni tersipu.
Jekky yang sejak tadi diam, kini mulai angkat bicara. "Eh, Mbak Marni… Ngomong-ngomong, emangnya Mbak gak tau apa, kalo Bang Urip udah punya bini?"
Mendengar itu, Bang Urip langsung merespon, "Huss… huss…! Aduh, ini anak polos amat. Eh, Tong. Jangan ngomongin soal itu ke Marni napa!"
Mengetahui itu, si Marni segera merespon, "Biarin aja, Bang. Lagian juga, Marni kan emang udah tau," kata Marni tidak keberatan.
"O… jadi Mbak Marni emang udah tau ya?"
"Ya, taulah. Emangnya kenapa sih?"
"Enggak apa-apa sih, Mbak. Aye cuma heran aja. Kok Mbak mau sih sama Bang Urip yang udah punya bini."
"Aduh gimana ya? Kayaknya susah tuh buat ngejelasinnya. Tapi yang jelas, Bang Urip itu baik dan udah bisa nyenengin hati Mbak Marni."
"Udah deh, Mar. Mending sana lu cepet masuk. Dari pada nantinya ni anak bakalan nanya yang macem-macem. Sayang aja dia anaknya jawara di kampung ini. Kalo bukan, gua udah pites palanya biar nyaho. Heran… mo tau aja urusan orang."
"Iya deh, Bang. Kalo gitu Marni masuk dulu ya, Bang. Dah Abang… Mmmuuuaaaachhh," pamit Marni dengan sun jauhnya
"Dah Marni.. Mmmuuuaaaachhh," balas Bang Urip tak mau kalah.
 Saat itu, Bang Urip dan Jekky sama-sama memperhatikan kepergian Marni yang melangkah dengan berlenggak-lenggok.
"Udah, jangan diliatin terus! Calon bini gua tuh," larang Bang Urip yang menyadari kalau Jekky sudah ikut-ikutan memperhatikan pinggul calon istrinya. "Eh, Jek. Mending sana lu pulang juga. Udah hampir tengah malam nih, ntar lu dicariin sama babe lu, lagi."
"Ya ilah, Abang. Gak usah pake ngomong begitu napa. Ngomong aja terus terang, kalo Abang itu kesel lantaran aye udah ngomong soal bini abang. Iya kan? Kalo gitu, maapin aye ya, Bang! Kalo omongan aye tadi udah bikin abang kesel."
"Ya udah. Lu gua maapin. Makanya jadi orang tuh jangan kelewat polos. Lu tuh kudu tau mana yang pantes diomongin dan yang enggak."
"Iya, Bang. Aye janji, gak bakal ngomong kayak begitu lagi. Eng… ngomong-ngomong, apa sekarang aye masih boleh nongkrong di sini."
"Gak boleh, besok lagi aja ya! Bukan apa-apa, Jek. Gua khawatir nanti babe lu mengira gualah yang ngajarin lu jadi bengal. Abis, lu sih sering pulang pagi, lama-lama gua juga yang bakal kena getahnya. Padahal, selama ini gua kan justru ngajarin lu soal agama."
"Iya deh, Bang. Kalo gitu aye pulang skarang."
"Langsung pulang ya, Tong. Jangan pake nongkrong sama anak-anak bengal di warung pojok itu. Ntar lu malah ikut-ikutan jadi penjahat kelamin kayak mereka. Gua tau banget kalo tuh anak-anak emang sering bawa jablay yang biasa dipake di belakang warung."
"Iya, Bang. Aye juga udah tau kok. Aye nongkrong di situ paling cuma sebentar, cuma buat ngisi nih tengki yang udah keroncongan. Udah, ya Bang. Assalam…"
"Wassalam…"
Bang Urip tampak memperhatikan kepergian Jekky sambil senyam-senyum sendirian. Dalam hati, dia betul-betul merasa kagum kepada pemuda itu.  Walaupun terkadang tampak bodoh dan kelewat polos, tapi sebetulnya dia itu pemuda yang cerdas, bahkan dia mampu menjadi seperti ikan di tengah lautan, yang tak mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Dalam hati, dia mendokan agar pemuda itu cepat menikah dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Maklumlah, dia agak khawatir juga kalau sampai pemuda itu ikutan-ikutan ber-jablay ria lantaran pemerintah tidak mampu melindunginya.

Selesai
 
 PP Anti Poligami vs PP Gaun Kurung Bercadar [ditulis tahun 2007]

Kupersembahkan cerpen ini spesial untuk wanita yang kucinta.
Duhai wanita yang kucinta … maafkanlah daku jika cerita di atas tak berkenan di hatimu. Bukan maksudku untuk menyakitimu, namun sekedar menyampaikan isi hatiku yang justru peduli padamu.

Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Rasulullah s.a.w pernah bersabda: Sesungguhnya wanita itu seperti tulang rusuk. Jika kamu coba untuk meluruskannya, ia akan patah. Tetapi kalau kamu biarkan saja, maka kamu akan dapat menikmatinya dengan tetap dalam keadaan bengkok.
Karenanyalah, aku tak mungkin memaksakan keinginanku yang karena Allah kepadamu. Sebab, kewajibanku hanyalah menyampaikan, dan perkara putusan mana yang akan kau ambil semuanya kukembalikan padamu. Insya Allah, dengan begitu aku akan tetap berbahagia walaupun kau tak menjadi seperti keinginanku.

Bagi siapa saja yang tak berkenan dengan cerita di atas saya minta maaf. Sebab, saya hanyalah manusia yang tak luput dari salah dan dosa. Karenanyalah, jika ada kekhilafan yang tak saya sadari, kiranya teman-teman mau mengingatkan dan meluruskannya. Insya Allah, dengan demikian saya bisa mendapat pelajaran yang berharga dan membuat saya bisa lebih mengenali diri saya sendiri, sehingga saya pun bisa terhindar dari fitnah Dajjal, kemunafikan, kebodohan, dan kesombongan. Terima kasih.

Rujukan:

An Nisaa'  3. Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil[265], maka (kawinilah) seorang saja[266], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.
[265]. Berlaku adil ialah perlakuan yang adil dalam meladeni isteri seperti pakaian, tempat, giliran dan lain-lain yang bersifat lahiriyah.
[266]. Islam memperbolehkan dengan syarat-syarat tertentu. Sebelum turun ayat ini sudah ada, dan pernah pula dijalankan oleh para Nabi sebelum Nabi Muhammad s.a.w. Ayat ini membatasi sampai empat orang saja.


Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Aisyah r.a katanya: Wanita yang paling aku senangi adalah Saudah bin Zam'ah dan aku ingin jika dapat menjadi seperti dia. Dia adalah seorang wanita yang tajam fikirannya. Setelah Saudah tua gilirannya daripada Rasulullah s.a.w diserahkan kepada Aisyah. Saudah berkata: Wahai Rasulullah! Aku berikan giliranku sehari kepada Aisyah. Jadi Rasulullah s.a.w membahagikan giliran kepada Aisyah dua hari, sehari gilirannya sendiri dan sehari lagi giliran pemberian Saudah.

Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Aisyah r.a katanya: Apabila Rasulullah s.a.w hendak musafir, baginda s.a.w akan membuat undian di antara isteri-isteri baginda. Suatu hari, undi terjatuh kepada Aisyah dan Hafshah, lalu kami keluar bersama Rasulullah s.a.w. Di waktu malam Rasulullah s.a.w berjalan serta bercerita dengan Aisyah. Satu ketika Hafshah berkata kepada Aisyah: Malam nanti, bolehkah aku menaiki unta kamu dan kamu menaiki untaku? Aku pun setuju, maka Aisyah menunggang unta Hafshah dan Hafshah menunggang unta Aisyah. Ketika Rasulullah s.a.w menuju ke arah unta Aisyah yang ditunggang oleh Hafshah. Rasulullah s.a.w mengucapkan salam dan berjalan bersamanya sehinggalah mereka berhenti dan Aisyah yang kehilangan baginda merasa cemburu. Ketika itulah beliau menjatuhkan kakinya di atas rumput tebal sambil berkata: Ya Tuhanku, datanglah padaku kala atau ular, sesungguhnya RasulMu telah menyakitiku dan aku tidak berkuasa untuk berkata sesuatu kepadanya.

(Mengenai perasaan, Rasulullah saja lebih mencintai Aisyah ketimbang istri-istrinya yang lain. Tidak mungkin manusia bisa berlaku adil mengenai perasaan, walaupun dia seorang rasul sekalipun. Jika ada wanita yang menuntut perlakuan adil mengenai perasan, sesungguhnya dia adalah wanita yang mengada-ada. Adil juga bersifat relatif, seperti Saudah yang sudah tua memberikan gilirannya untuk Aisyah yang masih muda. Jika adil harus sama rata, mustahil Rasulullah mau membahagiaan Aisyah dengan dua hari. Kecemburuan adalah hal yang wajar dan sangat manusiawi, namun jangan jadikan itu sebagai penghalangan untuk kebahagiaan saudaranya.)

Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Jarir bin Abdullah r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Sesiapa tidak menyayangi sesama manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya.

An Nisaa'  32. Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.


Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Usamah bin Zaid r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Tidak ada fitnah yang paling membahayakan kaum lelaki selepas zaman aku kecuali fitnah dari kaum wanita.

Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Akan terjadi berbagai fitnah, di mana pada ketika itu orang yang menjauhi fitnah lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik dari orang yang berjalan, manakala orang yang berjalan lebih baik dari orang yang melibatkan dirinya dengan fitnah tersebut, orang yang terlibat dengan fitnah tersebut akan mengalami kehancuran. Sesiapa yang menemui tempat berlindung maka hendaklah beliau berlindung dari fitnah tersebut

Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Abdullah bin Umar r.a katanya: Rasulullah s.a.w telah bersabda: Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar yaitu memohon ampun. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang lebih ramai menjadi penghuni Neraka. Seorang wanita yang cukup pintar di antara mereka bertanya: Wahai Rasulullah, kenapa kami kaum wanita yang lebih ramai menjadi penghuni Neraka? Rasulullah s.a.w bersabda: Kamu banyak mengutuk dan mengingkari suami. Aku tidak melihat mereka yang kekurangan akal dan agama yang lebih menguasai pemilik akal, daripada golongan kamu. Wanita itu bertanya lagi: Wahai Rasulullah! Apakah maksud kekurangan akal dan agama itu? Rasulullah s.a.w bersabda: Maksud kekurangan akal ialah penyaksian dua orang wanita sama dengan penyaksian seorang lelaki. Inilah yang dikatakan kekurangan akal. Begitu juga wanita tidak mengerjakan sembahyang pada malam-malam yang dilaluinya kemudian berbuka pada bulan Ramadan karena haid. Maka inilah yang dikatakan kekurangan agama.


Yusuf 24. Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya[750]. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.
[750]. Ayat ini tidaklah menunjukkan bahwa Nabi Yusuf a.s. punya keinginan yang buruk terhadap wanita itu (Zulaikha), akan tetapi godaan itu demikian besanya sehingga andaikata dia tidak dikuatkan dengan keimanan kepada Allah s.w.t tentu dia jatuh ke dalam kemaksiatan.

Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Nabi s.a.w bersabda: Allah s.w.t telah mencatat bahwa anak Adam cenderung terhadap perbuatan zina. Keinginan tersebut tidak dapat dielakkan lagi, di mana dia akan melakukan zina mata dalam bentuk pandangan, zina mulut dalam bentuk pertuturan, zina perasaan yaitu bercita-cita dan berkeinginan mendapatkannya manakala kemaluanlah yang menentukannya berlaku atau tidak.

Al Israa' 32. Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

Al Mu'minuun 5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
Al Mu'minuun 6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.

[994]. Maksudnya: budak-budak belian yang didapat dalam peperangan dengan orang kafir, bukan budak belian yang didapat di luar peperangan. Dalam peperangan dengan orang-orang kafir itu, wanita-wanita yang ditawan biasanya dibagi-bagikan kepada kaum Muslimin yang ikut dalam peperangan itu, dan kebiasan ini bukanlah suatu yang diwajibkan. Imam boleh melarang kebiasaan ini lihat selanjutnya no. [282].
[282]. Maksudnya: budak-budak yang dimiliki yang suaminya tidak ikut tertawan bersama-samanya.

Al Mu'minuun 7. Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.
[995]. Maksudnya: Zina, homoseksual, dan sebagainya (yang diharamkan Allah).

An Nuur 30. Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."

(anjuran kepada lelaki agar menahan pandangan dan memelihara kemaluannya  terhadap godaan perempuan-perempuan durhaka yang tak berhijab)

An Nuur 31. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

(…menutupkan kain kudung ke dadanya,… Maksudnya adalah: dari ujung rambut sampai ke dada, jadi wajah juga termasuk.)

An Nuur 32. Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian[1035] diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.
[1035]. Maksudnya: hendaklah laki-laki yang belum kawin atau wanita- wanita yang tidak bersuami, dibantu agar mereka dapat kawin.


 QS-Al-Ahzab 59. Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal (sebagai wanita baik-baik), karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
[1232]. Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.