E-Book dan Game Gratis

E-book                      Game & Software
Bagi anda yang ingin membaca secara offline, silakan download format e-book-nya di sini!

Sehari di Dunia 101

===================================================
KISAH DUNIA PARALEL
===================================================


Sehari di Dunia 101


Kisah ini berawal ketika aku sedang bersepeda ria bersama teman sekelasku Lisa. Saat itu kami bersepeda berdampingan, mengayuh santai menyusuri jalan permukiman yang sepi. Di sepanjang jalan yang kami lalui, tampak bunga warna-warni yang harum semerbak, tumbuh bergerombol dan tertata rapi. Sungguh suasana Minggu pagi yang tak pernah kulupakan, tampak begitu indah dan menyejukkan mata. Udaranya pun begitu segar, terasa nikmat sekali mengalir di sepanjang alur pernafasanku. Apalagi di sebelahku selalu terlihat wajah manis yang senantiasa tersenyum, memamerkan giginya yang putih laksana mutiara. Siapa lagi kalau bukan Lisa, teman sekelasku yang diam-diam telah kucintai. Ah, ingin rasanya kulihat lagi wajah manis yang tak pernah membuatku jemu itu, kataku dalam hati seraya kembali memandang Lisa yang lagi-lagi tersenyum padaku. Dan ketika pandanganku kembali ke arah muka, tiba-tiba… Kulihat sebuah sepeda motor tampak melaju kencang ke arahku, dan Aaaaaa…!!! Cieeetttttt…! Gubrakkkkk…! @#%!*~!%# Saat itu aku langsung pingsan.
Sadar-sadar aku sudah berada di rumah. Aneh… Kenapa badanku tidak apa-apa? tanyaku tidak mengerti, sebab saat itu aku betul-betul tidak merasakan sakit sedikit pun, juga tidak menemukan segores luka pun. Tidak, ini tidak mungkin. Padahal kan aku sudah ditabrak dengan begitu keras, masa sih aku tidak terluka sedikit pun? tanyaku penuh keheranan. Belum hilang rasa heranku, tiba-tiba aku mendengar suara ketukan di pintu kamar, kemudian di susul dengan ucapan salam yang terdengar lembut, "Assalamu’alaikum anakku sayang…!" ucap seorang wanita kepadaku.
"Wa’allaikum…!" jawabku spontan seraya buru-buru duduk di tepian ranjang.
"Bois sayang…Kok tumben sih sudah jam segini kamu masih di kamar? Ini sudah jam sembilan, Sayang…" kata wanita yang suaranya sudah begitu kuhafal. Ya tidak salah lagi, itu memang suara ibuku. Tapi… kenapa tiba-tiba jadi aneh begini, kenapa beliau bersikap lembut padaku. Hmm… apakah beliau melakukan itu karena aku baru mengalami kecelakaan? Tapi… sepertinya tidak. Buktinya beliau malah menyuruhku keluar kamar, seolah aku ini tidak pernah mengalami kecelakaan saja. Karena penasaran, lantas aku pun segera beranjak membuka pintu kamar. Alamak… kulihat wajah ibuku tampak lebih cantik dari biasanya, dan beliau pun tampak tersenyum manis padaku. "Sana lekas mandi, Sayang… Ibu sudah menyiapkan air hangat untukmu, juga sarapan kesukaanmu. Hmm… pasti semalam kamu susah tidur ya? Makanya jadi bangun kesiangan."
Sungguh mengherankan, kenapa beliau sampai melupakan kejadian yang baru menimpaku? "Bu, kok ibu tidak menanyakan soal keadaanku sih? Bukankah aku ini baru mengalami kecelakaan?" tanyaku pada beliau.
"Apa??? Kamu mengalami kecelakaan? Kecelakaan apa, Sayang…?" tanya ibuku dengan raut wajah bingung plus khawatir.
"Lho bukankah tadi pagi aku tertabrak sepeda motor, Bu."
"Hihihi…! Kamu itu pasti baru bermimpi, Sayang… Lihatlah keadaanmu, tak kurang suatu apa. Ibu sama sekali tidak melihat adanya tanda-tanda kalau kamu baru mengalami kecelakaan. Hihihi…! Kamu itu memang ada-ada saja, masa sih kamu tidak bisa membedakan antara mimpi dan kenyataan."
Saat itu aku betul-betul bingung. Masa iya kecelakaan itu cuma dalam mimpi, padahal aku merasakannya tidak demikian. Dari waktu bersepeda bersama Lisa, hingga akhirnya aku mengalami kecelakaan adalah peristiwa yang benar-benar nyata, dan semuanya itu benar-benar telah kualami. Ah, sudahlah… aku tidak mau pusing, mungkin benar kata ibuku kalau aku baru saja bangun dari mimpi.
Usai mandi, aku segera berpakaian dan langsung menuju ke meja makan. Lho ini apa? tanyaku heran ketika melihat sarapanku tampak aneh. "Bu, ini masakan apa sih?" tanyaku kepada ibuku yang masih sibuk beres-beres di dapur.
"Lho kamu itu bagaimana sih? Bukankah itu sarapan kesukaanmu," kata ibuku seraya melangkah menghampirku. "Kau ini kenapa, Sayang? Tadi kamu tidak bisa membedakan antar mimpi dan kenyataan, eh sekarang malah menanyakan sarapan kesukaanmu sendiri. Sungguh sikapmu itu sudah membuat ibu bingung, Sayang…"
"Aku juga bingung, Bu. Kenapa ya hari ini sikap ibu jadi lain? Juga soal masakan ini, kenapa kini bisa menjadi sarapan kesukaanku."
"Sayang… kamu itu bicara apa? Ibu betul-betul tidak mengerti. Sudahlah, Sayang… kamu jangan mempermainkan Ibu!"
"Tidak, Bu. Aku sama sekali tidak mempermainkan Ibu. Tadi aku memang berbicara yang sesungguhnya"
"Sayang… Terus terang, jika kamu bersikap aneh begitu, ibu jadi betul-betul khawatir."
"Khawatir kenapa, Bu?"
"Khawatir kalau kamu…" ibuku tak melanjutkan kata-katanya.
"khawatir kalau aku sudah menjadi gila. Iya kan, Bu?" tanyaku melanjutkan.
"Sayang… sudahlah! Sebaiknya kita lupakan saja perkara itu! Eng… ngomong-ngomong, sekarang kamu mau sarapan apa?" tanya ibuku berusaha mengalihkan pembicaraan.
"Bu, aku tuh biasanya suka sarapan nasi goreng. Bukannya soup sayuran hijau begini."
"Baiklah, Sayang… Tunggu sebentar ya, ibu akan membuatkan nasi goreng spesial untukmu."
"Tidak usah deh, Bu! Biar hari ini aku makan soup ini saja. Tapi… besok jangan lupa ya! Kalau aku tuh sukanya sarapan nasi goreng," kataku seraya terpaksa memakan soup yang begitu susah kutelan. Ya, memang susah sekali kutelan lantaran rasanya yang agak aneh. Aku terpaksa melakukan itu demi menghargai usaha ibuku yang telah bersusah-payah membuatkannya untukku.
Usai sarapan, lantas aku segera bersepeda ke rumah Lisa. Wew, ternyata kecelakaan itu memang cuma mimpi. Buktinya sepedaku masih dalam keadaan baik-baik saja. Aku terus mengayuh sepedaku dengan penuh semangat hingga akhirnya tiba di rumah Lisa. Dan tak lama kemudian, aku sudah duduk berhadapan dengan Lisa di kursi teras, yang saat itu entah kenapa tumben dia terus ditemani oleh ibunya. Sungguh saat itu aku betul-betul sudah dibuat bingung, apalagi saat itu penampilannya tampak lain dari biasanya. Dia mengenakan gaun kurung bercadar merah muda yang dihiasi oleh bordir bermotif bunga, dan juga dihiasi oleh renda yang membuat busana itu tampak begitu indah. Penampilan ibunya pun tampak berbeda dari biasanya, beliau mengenakan gaun serupa yang tak kalah indah, berwarna coklat muda dengan hiasan bordir dan manik-manik yang berwarna senada. Sungguh, gaun yang mereka kenakan itu berbeda sekali dengan yang pernah kulihat di belahan timur tengah sana, lebih berkarakter dan tampak sedap dipandang mata.
"O ya, Nak Bois. Bagaimana kabar ibumu?" tanya Tante Ida tiba-tiba kepadaku.
"I-Ibu sehat-sehat saja, Tante," jawabku setengah terkejut.
"Alhamdulillah… Semoga Allah senantiasa mengaruniakan kesehatan pada ibumu. Amin…"
"Amin… Makasih Tante. O ya, Tante. Boleh kan jika Lisa ikut bersamaku bersepeda ke taman."
"Boleh saja, Nak. Tapi sayangnya, hari ini Rani lagi kurang sehat tuh. Jadi, sepertinya dia memang tidak mungkin bisa menemani Lisa."
"Maaf Tante. Bukankah kami memang biasa bersepeda berdua. Jadi, aku rasa tidak masalah jika sepupunya itu tidak bisa menemani."
"Astagfirullah… Nak Bois. Kamu itu bicara apa? Dan sejak kapan kamu punya pikiran seperti itu? Tidak, Tante tidak mungkin membiarkan anak Tante jadi berdosa dan masuk penjara lantaran ulah kamu."
"Be-berdosa… Ma-masuk penjara…? Lho, kenapa bisa begitu Tante? Bukankah selama ini kami memang sering pergi berdua, dan Tante pun selalu mengizinkannya."
Saat itu Tante Ida langsung terdiam, namun dari sorot matanya bisa kutebak kalau dia sedang kebingungan.
"Eh, Bois?’ panggil Lisa kepadaku. "Kamu itu kenapa sih? Kok bicaramu jadi ngelantur begitu. Kapan kita pernah pergi berdua, dan kapan ibuku pernah mengijinkan hal seperti itu? Kamu itu memang betul-betul keterlaluan, dan kamu itu orang paling aneh yang pernah kukenal. Sungguh aku betul-betul tidak mengerti, kenapa pikiranmu bisa jadi kayak orang kolot begitu. Sekarang sudah bukan zamannya lagi kali, cewek dan cowok yang belum menikah pergi berduaan."
Saat itu aku betul-betul sangat heran, sejak kapan cewek-cowok yang belum menikah pergi berdua dibilang kolot. Belum hilang rasa heranku, tiba-tiba mataku melihat sekelompok ibu-ibu yang melintas di depan rumah Lisa. Kulihat semuanya memakai gaun kurung bercadar. Sungguh mengherankan, sejak kapan busana seperti itu menjadi trend di negeri ini. Dan yang paling mengerankan adalah bros yang melekat di kening mereka, semuanya berwarna seragam, sama persis dengan yang dikenakan ibunya Lisa, yaitu kuning. Hanya bros milik Lisa saja yang kulihat berbeda, yaitu hijau. Karena penasaran, lantas aku pun segera menanyakannya.
"Eh, Bois. Kamu tuh memang betul-betul aneh. Masak sudah SMA masih menanyakan hal seperti itu," kata Lisa mencemooh.
"Lis… please…! Aku betul-betul tidak tahu."
"Itu bros status perempuan, Nak," jelas Tante Ida tiba-tiba. "Bros itu dibuat oleh pemerintah kita dan hampir tidak mungkin bisa dipalsukan. Bros kuning yang Tante kenakan ini menandakan kalau tante adalah wanita yang sudah menikah dan masih mempunyai suami, dan yang di kenakan Lisa menandakan kalau dia itu seorang gadis, dan untuk mereka yang sudah menjanda tentu akan berbeda lagi, yaitu merah. Warna emas yang menjadi bingkainya menandakan kalau kami adalah muslim, dan warna selain ini menandakan kalau mereka adalah non muslim. Tujuan pengenaan bros ini adalah untuk kontrol sosial di masyarakat, sebab tanpa adanya bros seperti ini orang akan mudah tertipu. Dan yang paling utama adalah untuk memudahkan aparat untuk menindak mereka yang berani melanggar hukum pergaulan. Karena itulah tadi Tante tidak mengijinkanmu pergi berduaan dengan Lisa lantaran dia seorang gadis yang memang tidak diperkenankan untuk keluar rumah tanpa didampingi oleh teman wanitanya atau oleh laki-laki yang masih muhrimnya."
"Eng… ngomong-ngomong, dari mana aparat bisa tahu kalau kami bukanlah muhrim?"
"Dari KRK-mu, Nak."
"Apa itu KRK, Tante?"
"KRK itu adalah Kartu Riwayat Keturunan. Di situ tertulis jelas status keturunan pemiliknya. Ketahuilah, Nak. Jika ada aparat yang mencurigai kalian karena sedang berduaan di tempat sepi, maka dia akan meminta kalian untuk menunjukkan KRK. Dari situlah aparat bisa mengetahui kalau kalian bukanlah muhrim."
"Sudahlah, Bu! Kenapa sih ibu mau repot-repot menjelaskan hal itu sama Bois?" tanya Lisa merasa heran.
"Tidak apa-apa, Lis. Mungkin temanmu itu sedang menderita amnesia, makanya dia jadi kayak orang aneh begitu. O ya, Nak Bois. Tentunya kamu pun punya yang namanya KRK. Karenanyalah, coba deh liat KRK-Mu itu."
"Masa sih Tante" tanyaku heran seraya mengeluarkan dompet dan melihat isinya dengan seksama. Lho kenapa jadi begini? tanyaku terkejut bukan kepalang karena mengetahui semua uangku telah berubah menjadi beberapa kepingan emas dan perak, juga kartu ATM-ku telah berubah dengan gambar uang logam yang bertuliskan dinar dan dirham. Lho apa pula ini? tanyaku heran seraya memperhatikan sebuah kartu yang baru pertama kali itu kulihat. Bentuknya bagus, terbuat bahan dasar PVC berlapis laminating pelay. Di kartu itu tertulis jelas namaku, nama ayahku, dan juga nama kakekku yang diembos di atas dasar hologram. Kartu itu juga dilengkapi dengan kode rahasia yang hanya bisa dibaca dengan perangkat khusus.
"Bagaimana, Nak?" tanya Tante Ida kepadaku.
"Entahlah Tante… Terus terang, aku betul-betul bingung, kenapa aku bisa sampai mempunyai kartu ini ya?"
"Nak Bois. Ketahuilah…! Kalau semua anak yang sudah baliq itu wajib untuk memiliki KRK. Tak terkecuali dirimu. O ya, ngomong-ngomong… Apakah baru-baru ini kamu baru mengalami kecelakaan?"
"Mungkin juga Tante. Tapi… entahlah, sebab hingga kini aku pun masih bingung perihal kecelakaan yang aku alami itu. Terasa bukan mimpi, tapi pada kenyataannya hanyalah mimpi. Entahlah… aku betul-betul bingung."
Lantas aku pun menceritakan semua peristiwa yang membingungkan itu, dari sejak bersepeda hingga akhirnya aku berada di rumah Lisa.
"Kamu tidak bohong dengan ucapanmu itu kan?" tanya Tante Ida hampir tak mempercayainya.
"Betul Tante, aku tidak bohong."
"Hmm… jika benar begitu. Sepertinya kamu memang harus memeriksakan diri ke dokter. Dan kamu tidak perlu khawatir, sebab apa yang kamu derita itu tentunya bisa disembuhkan. Biarlah nanti Tante yang akan bicara pada Ibumu agar kamu bisa lekas diobati."
"Terima kasih ya, Tante. O ya, sebaiknya sekarang saya mohon diri saja."
"I ya, Nak. Langsung pulang ya, jangan mampir ke mana-mana dulu! Sebab, dengan belum pulihnya ingatanmu tentu akan membuatmu semakin bertambah bingung."
"Iya Tante. Lis aku pulang ya… Assalam…" ucapku seraya bergegas menuju ke sepedaku dan segera mengayuhnya menyusuri sepinya jalan di kompleks permukiman kami.
Saat itu aku tidak berniat pulang, tapi justru penasaran ingin keluar melihat-lihat keluar kompleks permukiman. Alamak… ternyata benar, kalau gaun berkurung bercadar itu kini sudah menjadi trend, sebab semua wanita yang kulihat di jalan memang mengenakannya. Sungguh sulit sekali bagiku untuk bisa mengenali mereka. Jangankan untuk mengenali, mengetahui dia cantik atau kurang cantik saja susah sekali. Wah, kalau begini caranya bagaimana mungkin aku bisa mengenali teman perempuanku? Tanyaku bingung seraya memperhatikan dua orang perempuan yang kini sedang melangkah ke arahku.
"Assalam… Bois. Sombong banget ya, tidak mo menyapa aku lagi."
"Wa-waalaikum… Eng, si-siapa ya?" tanyaku bingung.
"Duh, kamu itu sombong banget sih. Pake pura-pura tidak kenal."
"Sumpah deh, aku memang tidak kenal kamu. Eng, kalau boleh… Tolong dong buka cadar kamu!" pintaku kepadanya.
"Tidak perlu, Bois. Coba deh kamu pelototin bros pengenalku ini. Bagaimana, apa sekarang masih tidak kenal juga?"
Saat itu aku langsung memperhatikan sebuah bros yang terpasang di dadanya. Bros itu tampak unik, berbentuk segitiga dan terbuat dari kertas karton yang dilaminating. Tampaknya bros itu hasil buatan tangan sendiri, sebab inisial "L" yang dihiasi gambar bunga itu hanya digambar dengan menggunakan spidol.
"Tidak… aku masih tidak mengenalinya. Eng… memangnya apa sih yang spesial dari bros itu?" tanyaku masih belum mengerti.
"Kamu itu keterlaluan banget sih. Coda deh lihat lagi inisialnya, juga gambar bunganya, masa sih masih tidak mengenali juga. Bros ini kan sehari-hari selalu kupakai."
"Sumpah, aku betul-betul masih belum bisa mengenalimu."
"Duh, aku ini Lina, Bois."
"Lina…? Lina yang mana?"
Saking jengkelnya, saat itu Lina pun langsung membuka cadarnya. "Salam kenal kembali Bois, Aku Lina teman sekelas kamu," kata gadis itu seraya menutup wajahnya kembali.
"Hehehe…! Ternyata kamu Lina cewek yang paling seksi and bahenol di kelas. Tapi, kenapa sekarang jadi kayak ibu-ibu. Sudah bosan ya pakai rok pendek?"
"Astagfirullah…! Boiiiss…! Kamu tuh kenapa sih? Kok bicaramu jadi ngawur begitu."
Ups! Tiba-tiba aku tersadar, kalau di negeri ini memang sudah tidak zamannya lagi cewek memamerkan body-nya. Menyadari itu, lantas aku pun buru-buru berkelit. "Tidak, Lin. Aku tuh tidak kenapa-napa. Dari tadi sebetulnya aku cuma akting saja. Eng… Bagaimana aktingku tadi, bagus kan?"
"Kamu tuh kayak orang kurang kerjaan saja, pakai akting segala."
"Maklumlah, soalnya aku lagi bete nih. Kupikir pasti seru jika berakting dengan membuatmu bingung."
"Ya, aktingmu tadi betul-betul bagus dan berhasil membuatku sempat bingung. O ya, ngomong-ngomong kenapa kamu bete?"
"Emm… bagaimana kalau ngobrolnya di warung kelapa itu saja, sekalian ngemil dan merasakan enaknya es kelapa muda."
"Mau mentraktir nih ceritanya."
"Yup, aku memang mau mentraktir kamu."
"O ya, perkenalkan nih teman mainku. Namanya Siska."
Saat itu, gadis yang diperkenalkan padaku langsung membuka cadarnya. "Salam kenal. Aku Siska, tetangganya Lina," kata gadis itu seraya mengenakan cadarnya kembali.
Hmm… gadis yang manis. Sayang, aku cuma bisa melihatnya sesaat, kataku dalam hati.
"Eh, Bois. Jadi tidak nih mentraktirnya?"
"I ya, jadi."
"Siska ditraktir juga kan?"
"Tentu saja. Kalo gitu, yuk!" ajakku seraya melangkah lebih dulu.
Setibanya di warung, aku melihat kedua gadis itu tampak membuka cadarnya, dan setelah mereka duduk berhadapan denganku, lantas mereka pun segera mengenakan cadarnya kembali. Saat itu aku betul-betul bingung, namun aku tak berani menanyakannya lantaran khawatir mereka akan menjadi bingung.
Setelah puas ngobrol plus menikmati segarnya es kelapa muda, akhirnya kami segera meninggalkan warung. Saat itu Lina langsung pamit padaku, "Sampai bertemu besok pagi di sekolah ya. O ya jangan lupa, kembalikan penggarisku yang kamu pinjam! Soalnya kita kan besok ada ujian aljabar," pesan gadis itu seraya melangkah pergi.
Saat itu, aku terus memperhatikan kepergian Lina sambil memikirkan kata-katanya barusan. Aljabar… Perasaan itu mata pelajaran zaman dulu. Bukankah mata pelajaran itu sudah lama sekali telah diganti dengan yang namanya matematika. Dan sejak kapan aku jadi tukang pinjam barang orang, mana cuma penggaris lagi, malu-maluin saja. Hmm… apa mungkin penggarisku hilang atau patah, dan karenanyalah aku jadi terpaksa meminjam punya Lina. Kalau begitu, sebaiknya sekarang aku beli saja, dari pada besok bingung lantaran tidak punya penggaris.
Menyadari itu, lantas aku pun segera melangkah menuju ke sebuah warung. Di tempat itu aku melihat beberapa perempuan tampak sedang berbelanja, dan semuanya tampak membuka cadarnya, mereka menggunakan uang yang sama seperti dalam dompetku. "Terimakasih ya, Koh!" ucap salah seorang perempuan yang berbelanja tadi seraya mengenakan cadarnya dan segera melangkah pergi. Saat itu aku langsung menggantikan posisinya berdiri tadi, kemudian segera membeli dua buah penggaris dengan uang perakku. Satu buat kupakai sendiri, dan satu lagi buat jaga-jaga kalau ternyata aku telah menghilangkan penggaris Lina.
Usai belanja, aku tidak langsung pulang, tapi aku terus menyelidik mencari tahu keanehan apa lagi yang bisa kutemui. Aku terus bersepeda menyusuri jalan yang ramai, saat itu kulihat semua angkutan umum tampak tertib, tak ada satu pun yang berhenti dengan seenaknya, semua berhenti pada tempat yang sudah disediakan. Begitu pun dengan para penumpang, tak ada satu pun yang menyetop kendaran semaunya, semuanya menunggu di tempat yang sudah tersedia. Wah, sepertinya mulutku mulai terasa asam. Maklumlah dari pagi memang belum kena rokok. Begitulah keadaanku sehari-hari, jikalau belum kena rokok, mulut ini terasa betul-betul asam. Karena itulah lantas aku segera menuju ke sebuah warung kecil untuk membeli rokok. Betapa terkejutnya aku ketika penjualnya mengatakan kalau rokok itu adalah barang yang terlarang.
"Hehehe…! Kamu itu aneh sekali, Nak. Masa sih menanyakan soal rokok. Memangnya kamu itu baru turun dari Planet Mars ya?"
Mengetahui itu, lantas aku pun buru-buru cabut lantaran khawatir bakal di cap sebagai orang gila, atau mungkin saja aku bakal dilaporkan ke polisi. Hmm… pantas saja sejak tadi aku tidak melihat ada orang yang merokok, rupanya rokok itu sudah menjadi barang terlarang. Wah, gawat kalau begitu. Di mana lagi aku bisa beli rokok? Huh, jika seperti ini terpaksa deh aku berhenti merokok. Sial, asem asem deh nih mulut.
Dengan perasaan yang masih kecewa, aku terus mengayuh sepedaku menyusuri jalan, hingga akhirnya aku berhenti lantaran melihat sebuah keanehan. Lho… bukankah di tempat itu tadinya sebuah diskotik, kenapa kini malah jadi sebuah musholah. Weleh.. weleh… Jangan-jangan, diskotik juga sudah tidak ada. Kalau begitu kasihan sekali aku, tentu bakalan bete lantaran tidak ada tempat hiburan. Mungkin bukan hanya aku saja yang bete, tapi juga si Jekky temanku yang pengedar ecstasy itu, dan juga teman-temannya yang penjahat kelak kakap. Mereka tentu akan tersiksa banget jika hidup di negeri seperti ini, tidak bisa hura-hura lagi seperti dulu. Jangankan mereka, aku saja kini sudah merasa begitu tersiksa lantaran tidak bisa merokok. Tapi… kenapa para pemuda yang ada disana itu bisa tampak begitu berseri-seri, seolah mereka itu begitu senang dengan kehidupan sekarang yang menurutku sama sekali tidak menyenangkan. Hmm… apakah aku merasa bete dan menganggap semua ini tidak menyenangkan lantaran belum terbiasa, sehingga semuanya jadi terasa begitu kaku dan tidak berwarna.
Sambil terus berpikir, aku kembali mengayuh sepedaku menuju ke perempatan jalan. Setibanya di tempat itu, lagi-lagi aku menemui keanehan. Lho… kemana para pengemis yang biasanya meminta-minta di tempat ini, juga para pedagang asongan dan pengamen yang selama ini sering kulihat mengadu nasib di sini. Sungguh mengherankan, apa mungkin mereka telah dilarang untuk mencari rezeki di sini. Jika benar begitu, sungguh keterlaluan sekali.
"Permisi, Pak. Apa sekarang sudah ada larangan untuk mengemis, mengamen, dan juga berjualan di perempatan ini?" tanyaku kepada seorang pria yang kebetulan lewat.
"Hehehe…! Pertanyaan yang aneh. Lagi pula, untuk apa dibuat pelarangan seperti itu, bukankah di negeri ini sudah tidak ada lagi yang namanya pengamen dan pedang asongan. Apalagi pengemis, sudah tidak ada lagi orang yang mau melakukannya. Sebab, banyak sekali pekerjaan yang jauh lebih baik dari itu. Sudah ya, Nak. Saya sedang terburu-buru nih. O ya, jangan lupa untuk memeriksakan dirimu ke dokter!" kata orang itu seraya melangkah pergi.
Hmm… benarkah negeri ini sudah makmur sehingga tak ada lagi orang yang mau melakoni pekerjaan seperti itu? Sungguh mengherankan, padahal belum lama ini aku sempat lihat di berita, kalau ada orang yang masih kelaparan dan terpaksa mencuri demi menafkahi anak-anaknya. Hmm… Sungguh mengherankan. Sepertinya aku ini bukanlah terkena amnesia, sebab tidak mungkin aku bisa mengingat segala kejadian yang belum lama kualami dengan begitu detail. Hmm… apa mungkin aku sudah pindah waktu ke masa depan? Gila, sepertinya itu tidak mungkin. Sebab, tadi aku sempat melihat di kalender warung, kalau tanggal, bulan, dan tahunnya masih sama, tidak ada perubahan sedikit pun. Bahkan umurku, teman-temanku, dan juga sekolahku masih sama. Ini benar-benar gila… jika kucermati baik-baik, hanya dalam hitungan jam semua peraturan dan kebudayaan di negeri ini sudah jauh berubah. Wah, Gawat. Jangan-jangan… yang dikhawatirkan ibuku itu benar, kalau sekarang ini aku sudah menjadi gila, sebab kini aku telah mempunyai ingatan dan kebiasaan yang sebetulnya bukan milikku. Hmm… kenapa ya ingatan dan kebiasaan itu bisa bercokol di dalam diriku, dan semuanya tidak ada satu pun yang matching dengan kejadian sekarang.
Dengan penuh kebingungan, lantas aku pun segera mengayuh sepedaku untuk kembali pulang. Di dalam perjalanan, aku terus memikirkan berbagai kejadian yang membuatku bingung. Aku terus mengayuh sepedaku di bawah keteduhan senja yang cerah hingga akhirnya aku tiba di rumah. Saat itu kulihat seorang wanita bercadar yang mengenakan bros merah di dahinya tampak sedang menyiram tanaman, dan jika kuperhatikan dari busananya sepertinya dia itu adalah ibuku.
"Kamu sudah pulang, Sayang… Kok tidak mengucapkan salam sih?" tanya perempuan bercadar itu yang ternyata memang ibuku.
"A-a-assalamu’alaikum, Bu," ucapku tergagap.
"Wa’allaikum salam… Sayang…" kata ibuku lagi seraya membuka cadarnya dan segera mengecup keningku.
Sungguh aku tidak menduga, kalau ibuku telah melakukan itu. Sebuah kecupan sayang yang sudah lama sekali tidak pernah kurasakan. Risih juga sih rasanya, masa aku yang sudah duduk di bangku SMA masih juga diperlakukan begitu.
"Kamu kenapa, Sayang…?" tanya ibuku lagi atas ketertegunanku itu.
"Ti-tidak apa-apa, Bu. O ya bu, hari ini ibu masak apa?" tanyaku mengalihkan pembicaraan.
"Ibu sudah memasak tagotuja dan juga dagobula kesukaanmu."
Walah, makanan apa pula itu? tanyaku dalam hati. "Makasih ya, Bu. Ibu memang ibu yang paling baik sedunia," kataku berusaha menutupi segala kebingunganku.
"Sudahlah… itu kan memang sudah menjadi kewajiban ibu agar selalu memberikan yang terbaik untukmu."
"Sekali lagi makasih ya, Bu. O ya, bu. Ibu sudah makan belum?" tanyaku kepada beliau.
"Sudah, Sayang… sejak tadi ibu sudah makan kok. Sudah ya, Sayang… Ibu mau melanjutkan menyiram tanaman dulu," kata ibuku seraya kembali menyiram tanaman yang tampak subur dan terawat dengan baik.
Tak lama kemudian, aku sudah berada di meja makan. Kuperhatikan masakan yang katanya menu kesukaanku itu dengan penuh seksama, lantas kucoba untuk mencicipinya sedikit. Mmm… maknyesss… betul-betul enak, kataku seraya bersemangat menyendok nasi dan segera menikmati makanan yang memang begitu lezat. Tidak salah lagi, kedua masakan itu tentu bakal menjadi menu favoritku.
Usai makan, aku pun langsung bergegas mandi. Dan setelah itu, aku langsung berpakaian dan segera duduk di depan TV. Maklumlah hari ini aku mau menyaksikan film kartun kesukaanku. Apalagi kalau bukan anime Jepang yang jagoannya adalah cewek-cewek cantik dan seksi. Lho… kok tidak ada sih? Hmm… Ini film apa ya, kok jagoannya pake cadar semua? Tanyaku heran seraya terus menyaksikan film yang tampaknya sudah mulai beberapa menit yang lalu. Dengan penuh rasa ingin tahu, aku terus menyaksikan film itu hingga akhirnya ketiga jagoan bercadar itu mulai bertarung melawan si penjahat yang tampaknya begitu ganas.
"Kami adalah wanita penyampai kabar gembira, dan akan menyadarkan kalian dengan kekuatan cinta!" teriak ketiga wanita jagoan bercadar itu serempak.
Saat itu ayat-ayat cinta terus berkumandang memasuki telinga si penjahat, hingga akhirnya penjahat itu pun bertekuk lutut seraya berkata, "Terima kasih, wahai penyampai kabar gembira. Kini aku sadar kalau perbuatanku itu salah, dan aku mau segera bertobat dan kembali ke jalan yang lurus.
Weleh… Weleh… kok filmnya seperti itu ya? Dan film itu bukanlah anime Jepang, melainkan film kartun buatan lokal yang animasinya tidak kalah dengan buatan Jepang, dugaku sambil terus melihat daftar nama kru yang tayang di akhir film.
Usai menyaksikan film kartun, lantas aku melihat tayangan berita yang dikemas begitu apik. Saat itu, jika ada berita kriminal, yang ditonjolkan hanyalah sisi baiknya. Di dalam berita itu, sama sekali tidak ada ilustrasi yang menggambarkan bagaimana si pelaku sedang melakukan aksinya, yang ditayangkan hanyalah keadaan keluarganya yang sedang bersedih lantaran ulah si pelaku, dan juga motifnya kenapa dia sampai melakukan itu. Pada saat itu, hanya sedikit sekali berita kriminal yang ditayangkan, selebihnya adalah berita menggembirakan yang membuatku justru menjadi iri dan termotifasi untuk berbuat baik.
Aneh… kenapa ya bisa sedikit sekali terjadi tindak kejahatan, dan itu pun bukanlah kejahatan yang berat. Dan ketika tayangan azan magrib usai, entah kenapa tiba-tiba semua acara TV mendadak tak ada satu pun yang tayang. Semua channel telah berubah menjadi tayangan semut. Duh, aku betul-betul jengkel dengan stasiun TV yang begitu kompaknya tidak mau siaran. Sungguh bete sekali rasanya pas lagi asyik nonton TV terus harus dihentikan begitu saja. Rasanya aku ini sedang mengalami mati listrik saja, sungguh menyebalkan. Dengan penuh kekecewaan, lantas aku pun segera merebahkan diri di atas sofa yang empuk sambil melamunkan Lisa.
Beberapa menit kemudian, Ibuku datang dan duduk di dekatku. "Bois sayang… kok tumben kamu tidak sholat, Nak?" tanya ibuku dengan raut wajah yang begitu prihatin.
Wedew, sejak kapan aku mulai sholat. Bukankah selama ini aku memang tidak pernah sholat.
"Sayang… apa sekarang kamu lagi tidak badan?" tanya ibuku lagi.
"I-iya, Bu. Se-sepertinya aku memang lagi kurang sehat, dan kalau berdiri entah kenapa kepalaku agak pening rasanya," kataku terpaksa berbohong.
"Bois sayang… janganlah kamu memberi peluang kepada setan untuk membuatmu jadi malas. Jika kamu memang sedang sakit, kamu kan bisa sholat sambil tiduran."
"I ya, Bu. Kalau begitu, sekarang aku akan sholat sambil tiduran di kamar," kataku seraya bangun dan bersuci.
Setelah berada di kamar, aku sama sekali tidak menunaikan sholat. Aku justru sedang bingung memikirkan hal itu, yang kini betul-betul mengganggu pikiranku. Sepertinya masih berat bagiku untuk sholat lima waktu tiap hari, dan jika aku tidak melaksanakannya tentu ibuku akan menjadi sedih. Ibuku sekarang bukanlah ibuku yang dulu, yang senantiasa suka cerewet dan sering memarahiku. Ibu sekarang adalah ibu yang sangat perhatian dan betul-betul mencintaiku. Rasanya, tidak tega juga jika aku sampai menyakiti perasaannya. Lama aku memikirkan hal itu, hingga akhirnya aku mendengar suara ibuku yang mengucap salam dari balik pintu kamar."
"Bois sayang… Boleh ibu masuk, Nak!" pintanya kemudian.
"Masuk saja, Bu," kataku mengizinkan. Hehehe…! Senang juga rasanya jika ibuku mau menghormati privasiku. Biasanya beliau itu suka masuk nyelonong begitu saja tanpa pernah mempedulikan aku lagi ngapain. Mending kalau aku lagi tidak ngapa-ngapain, lha kalau aku lagi liat gambar yang tidak-tidak, tentu bisa gawat juga.
"Sayang… ini ibu bawakan obat sakit kepala. Di minum ya, Nak!" pintanya lembut kepadaku.
"Tidak usah, Bu. Sepertinya seusai sholat tadi kepalaku ini sudah mulai baikan. Aku rasa sebentar lagi juga sembuh,."
"Syukurlah kalau begitu," kata ibuku seraya membelai kepalaku sambil tersenyum tipis. "Istirahatlah, Sayang… Semoga kamu lekas sembuh ya," katanya lagi seraya mengecup keningku dan kembali membelaiku penuh kasih sayang, kemudian beliau segera beranjak meninggalkanku.
Sungguh, apa yang dilakukan oleh ibuku itu betul-betul membuatku semakin mencintainya. Walau pada mulanya aku agak risih juga, namun akhirnya aku bisa menerima itu sebagai wujud cintanya. Tiba-tiba, aku teringat kembali dengan gambar-gambar porno milikku yang sengaja kusembunyikan di bawah tempat tidur. Kini aku jadi betul-betul khawatir. Kalau ibuku sampai mengetahuinya, tentu beliau akan sedih sekali. Ah, rasanya ingin segera kubakar gambar-gambar itu karena telah melecehkan kaum perempuan. Sebab, ibuku adalah perempuan juga. Lagi pula, anak dari perempuan model itu tentu akan sedih sekali jika dia mengetahui ternyata aku telah menikmati keindahan tubuh ibunya dan bahkan membayangkannya yang tidak-tidak. Dan seandainya aku pada posisi anak itu, tentu aku pun tidak akan terima jika ibuku menjadi objek yang senantiasa dinikmati oleh banyak orang.
Karena itulah, aku pun segera melongok ke bawah tempat tidur dan mengambil sebuah kardus yang kujadikan tempat menyembunyikan gambar-gambar yang selalu membuatku suka berpikiran ngeres. Selama ini ibuku memang tidak pernah curiga, sebab gambar-gambar itu memang kusembunyikan rapi di bawah tumpukan majalah remaja milikku. Lho.. kenapa tidak ada ya? Tanyaku bingung seraya terus mencarinya berulang kali, barangkali saja terselip di antara majalah remaja milikku itu. Heran.. kemana ya? Padahal kan baru kemarin aku melihatnya. Apa ibuku sudah mengetahuinya? Ah, rasanya tidak mungkin. Sebab selama ini ibuku memang tidak pernah mencurigaiku, apalagi sampai memeriksa tumpukan majalah milikku. Sebab, kebanyakan majalahku memang majalah untuk remaja, paling hanya satu dua majalah untuk orang dewasa. Dan itu pun juga majalah biasa saja.
Lho…? Tiba-tiba aku menyadari kalau ternyata isi majalah itu telah berubah. Hmm… kenapa dengan isi majalah ini, kenapa semuanya jadi lain. Kini tidak ada lagi gambar-gambar wanita yang menghiasinya, semua keindahan itu telah berganti menjadi keindahan lain yang lebih islami. Seperti pada iklan jeans ini misalnya, hanya memperlihatkan seekor doberman yang sedang menggigit jeans yang sedang dikenakan oleh seorang pria. Terlihat tampak keren, dan jeans yang dikenakannya itu pun tampak begitu kuat. Dan juga iklan minyak wangi yang ada di majalah orang dewasa ini pun cukup unik, memperlihatkan seorang suami istri yang sedang berduaan di dalam kamar. Sang suami tampak berdiri di depan istrinya sambil menyemprotkan minyak wangi ke tubuhnya yang masih mengenakan busana tidur, sedangkan sang istri hanya terlihat tangannya saja dan sedang memberikan dua jempol kepada suaminya. Kezoliman seorang suami pada istrinya adalah membiarkan sang istri mencium aroma tak sedap dari tubuh suaminya. Begitulah sepenggal kalimat yang sempat kubaca pada iklan minyak wangi itu. Tak lama kemudian, pikiranku sudah kembali mengingat perkara gambar-gambar porno milikku yang hilang. Hmm… apa mungkin gambar porno itu juga sudah lenyap, dan karenanyalah sudah tidak ada lagi. Seperti halnya rokok dan diskotik yang kini sudah lenyap bak ditelan bumi.
Kulirik jam di kamarku, waktu sudah menunjukkan pukul delapan malam. Saat itu aku sempat mendengar sayup-sayup suara TV yang terdengar dari ruang tengah. Hmm.. apakah itu ibuku yang sedang menonton TV? Tanyaku seraya beranjak bangun dan segera melangkah ke ruang tengah. Benar saja, saat itu kulihat ibuku sedang asyik menyaksikan sebuah acara yang membuatnya sampai tidak menyadari kehadiranku.
"Bu?" tegurku seraya duduk di sebelahnya.
"Lho kamu itu kan masih sakit, Sayang… Sebaiknya kamu istirahat saja di kamar."
"Tidak kok, Bu. Sekarang ini aku sudah sembuh."
"Alhamdulillah… puji syukur Ibu panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan sakit agar hamba-Nya bisa selalu bersabar, dan menyembuhkannya agar hamba-Nya bisa senantiasa bersyukur."
"O ya, Bu. Boleh aku ganti acaranya," kataku dengan nada agak manja.
Ibuku tersenyum, kemudian segera memberikan remote TV padaku. "Terima kasih ya, Bu," ucapku senang.
Lantas aku pun segera mengganti acara yang menurutku tidak menarik itu. Hmm… sekarang yang asyik itu adalah menyaksikan acara musik, sebab bisa menghiburku yang kini lagi betul-betul bete, pikirku seraya memulainya dengan saluran 0, dan ternyata acaranya juga tentang kerohanian. Lalu kucoba saluran 1, ternyata masih kerohanian juga. Nah di saluran 2 ini pasti acara dangdutan yang biduannya seksi-seksi. Apa??? kenapa masih kerohanian juga. Lantas aku pun segera mengganti saluran yang lain hingga habis tak tersisa. Aneh… kenapa pada saat prime time seperti ini tayangannya justru acara kerohanian, baik itu acara kerohanian untuk muslim maupun non muslim. Hmm… Apakah acara kerohanian itu kini sudah menjadi primadona masyarakat di negeri ini.
"Kenapa, Sayang. Kok dari tadi salurannya ditukar-tukar melulu. Memangnya acaranya lagi tidak ada yang kamu suka ya?"
"Eng… aku lagi cari yang paling bagus, Bu."
"Lho bukankah acara favoritmu itu ada di saluran 5, yaitu acara kerohanian untuk remaja."
"O, iya bu… aku baru ingat."
"Bois sayang… Kamu itu sejak tadi pagi memang agak aneh. Apalagi setelah ibunya Lisa tadi telepon, sepertinya ibu memang harus segera memeriksakanmu ke dokter."
"Bu, aku tuh tidak apa-apa, percaya deh. Aku tuh cuma kehilangan ingatan sedikit."
"Sedikit kamu bilang? Jika ibu mendengarkan menuturan ibunya Lisa. Menurut ibu, itu tidaklah sedikit. Sayang… kamu mau ya untuk periksakan diri ke dokter. Soalnya, semua itu demi kebaikanmu, Sayang…" kata ibuku dengan raut wajah yang tampak sedih. Tiba-tiba ibuku langsung mencium keningku, kemudian disusul dengan mendekapku penuh kasih sayang. "Ibu sayang sama kamu, Nak. Terus terang, Ibu tidak mau jika penyakitmu itu jadi bertambah parah," kata ibuku sambil terus memelukku.
Mengetahui itu, aku pun buru-buru berkata, "I ya, Bu. Jika itu yang memang ibu inginkan, aku mau kok jika besok diantar ke dokter. Bu… Bois juga sayang sama ibu. Makanya Bois mau pergi ke dokter biar Bois lekas sembuh. Terus terang, Bu. Sebetulnya Bois tuh tersiksa banget jika harus terus mengalami kebingungan ini."
"Betul begitu," kata ibuku seraya melepaskan pelukannya dan memandang kepadaku.
Saat itu aku langsung mengangguk, dan bersamaan dengan itu kulihat wajah ibuku tampak bahagia, sedang di matanya tampak terpancar sebuah harapan yang begitu besar akan kesembuhanku.
"Sayang… bagaimana kalau sekarang kamu istirahat saja."
"Bu, boleh ya aku nonton saluran 5! Soalnya sekarang aku belum mengantuk," pintaku manja.
"Tentu saja, Sayang… tapi kalau nanti sudah mengantuk, langsung tidur ya!"
"Iya, Bu."
Saat itu aku langsung menyaksikan saluran 5. Maklumlah, akhirnya aku terpaksa juga menyaksikan acara itu karena memang acara itulah yang menurutku lebih menarik jika dibandingkan dengan acara yang lainnya. Mulanya sih aku sempat bete juga, namun entah kenapa lama-kelamaan acara itu dapat kunikmati juga. Dan ketika waktu sudah pukul sembilan malam, akhirnya mataku mulai mengantuk. Dan setelah bersih-bersih, aku pun segera pergi tidur.
Esok paginya, aku betul-betul dikejutkan oleh keberadaanku yang sedang terbaring tak berdaya di rumah sakit. Kulihat kakiku tampak digips dan sedang di gantung sedemikian rupa.
"Tante, lihatlah! Bois sudah sadar," kata seorang gadis yang suaranya terdengar dari arah sampingku.
Saat itu aku langsung menoleh dan melihat Lisa sedang tersenyum manis padaku. Li-Lisa… ka-kamu tidak pakai cadar?" tanyataku heran.
Mendengar itu Lisa tampak merapatkan alisnya, kemudian segera melangkah dan berbisik-bisik pada ibuku. Tak lama kemudian, ibuku datang menghampiri dan meletakkan tangannya di keningku. Setelah itu dia tampak menunjukkan dua jarinya kepadaku, "Ini berapa, Is?" tanya beliau kepadaku.
"Itu dua, Bu," jawabku pasti.
"kamu tahu siapa nama Ibu?"
"Tentu saja, Bu. Nama ibu Nur Hikmah kan?"
"Kamu masih ingat kejadian kemarin pagi, sebelum kamu berangkat bersepeda dengan Lisa."
"Ya, Bu. Saat itu ibu marah-marah padaku karena aku sudah memecahkan gelas."
"Terus, kamu masih ingat kenapa kamu bisa berada di sini?"
"Ya, Bu. Aku kualat pada Ibu karena tidak mau disuruh membersihkan pecahan gelas itu. Bahkan saat itu aku langsung ngeloyor pergi bersepeda bersama Lisa, dan akhirnya aku pun ditabrak sepeda motor."
"Hmm… Ternyata ingatanmu masih normal. Tapi kenapa tadi kamu bertanya pada Lisa kalau dia tidak pakai cadar?"
"O, tadi itu aku barusan berpimpi, Bu. Dalam mimpiku, Lisa itu memakai cadar. Makanya aku tadi heran ketika melihat Lisa tidak pakai cadar."
"O, jadi begitu. Sungguh mimpi yang aneh…" kata ibuku sambil garuk-garuk kepala."
Alhamdulillah… kini kehidupanku sudah kembali normal. Dan kejadian yang kualami kemarin bukanlah mimpi, sebab tidak mungkin ada mimpi yang bisa sedetail itu. Masa iya mimpi bisa begitu berurutan, dari awal aku sadarkan diri hingga akhirnya aku tidur malam itu. Sungguh mustahil kalau kejadian itu adalah mimpi, sebab aku bisa membedakan mana yang betul-betul mimpi dan mana yang bukan. Hmm… kalau begitu, yang kemarin kualami itu apa ya? Sungguh betul-betul membingungkan.
Setelah team dokter melepas berbagai peralatan penunjang kehidupan yang melekat di tubuhku, saat itulah aku melihat seorang tua berjubah putih dengan rambut dan jenggotnya yang juga putih tampak berdiri di sampingku. Beliau tampak tersenyum ramah padaku, kemudian memberikan isyarat agar aku tetap tenang dan tidak memberitahukan perihal keberadaannya. Saat itu aku menurut saja, sebab memang tak seorang pun yang menyadari akan kehadirannya. Jika aku sampai nekad memberitahukannya tentu aku akan dianggap sinting. Setelah semua orang meninggalkanku untuk memberi kesempatan padaku agar beristirahat, lantas orang tua itu pun segera menjelaskan perihal kebingunganku tadi. "Nak Bois, kamu mungkin heran dengan kehadiranku, dan juga dengan segala kejadian yang kamu alami. Karena itulah, aku sebagai wakil dari team alam bawah sadar telah diberi wewenang untuk menjelaskannya kepadamu. Ketahuilah…! Sebetulnya kami, team alam bawah sadar betul-betul merasa bertanggung jawab untuk segera memberitahu perihal kebingunganmu itu apa adanya. Dan ketahui pula, bahwa sesungguhnya selama satu hari ini kamu tidaklah berada di duniamu, melainkan berada di dunia 101—salah satu dunia paralel yang memang serupa tapi tak sama.
Maaf kalau kami terpaksa memindahkanmu ke dunia 101, sebab kami memang sedang memerlukan roh kamu yang jasadnya waktu itu sedang mengalami koma di rumah sakit ini. Kami terpaksa memindahkan roh kamu ke dunia 101 karena roh orang yang di dunia 101 waktu sedang di bawa pergi oleh jin wanita yang mencintainya. Dan agar orang itu tidak dikubur lantaran disangka sudah meninggal, maka kami pun terpaksa mengisinya dengan roh kamu. Ketahuilah, sebelum roh kamu dipindahkan. Kami sudah mengetahui kalau jasadmu itu akan aman dan tidak akan dikubur, sebab saat itu jasadmu memang sudah dipasangi dengan berbagai peralatan penunjang kehidupan. Pokoknya selama peralatan itu bekerja dengan baik, jasadmu akan tetap hidup dan akan bisa bergerak kembali setelah roh kamu kami kembalikan ke dalamnya. Dan kamu tidak perlu bingung perihal dunia parallel, sebab tak ada sesuatu pun yang tak mungkin bagi Allah Tuhan Semesta Alam.
Demikianlah perkara yang bisa aku sampaikan, tentunya agar kamu tidak menjadi bingung lagi. O ya, jangan pernah menceritakan hal ini kepada siapa pun. Sebab, kamu pasti akan dianggap gila. Karenanyalah, sekali lagi aku sarankan agar kamu tidak menceritakannya, sebab hal itu tentu bisa mempengaruhi aktifitasmu di dunia 09. Sebaiknya kamu hanya mengambil segala kebaikan yang kamu dapat di dunia 101, dan berusahalah untuk bisa mewujudkannya di duniamu.
Mungkin kamu heran kenapa di dunia 101 kejahatan begitu sedikit, dan masyarakatnya pun hidup makmur. Itu semua karena adanya sebuah sistem yang membantu masyarakat untuk lebih mudah mencapai bening hati, yang mana pada akhirnya bisa membuat masyarakat bisa lebih mudah memilah, mana yang baik dan yang tidak. Dan setiap kali mereka melakukan perbuatan dosa, mereka pun akan merasa sangat berdosa dan segera bertobat. Keadaan yang demikian sungguh berbeda dengan yang ada di duniamu, yang mana perbuatan dosa sudah dianggap biasa, dan akhirnya membuat orang tidak takut lagi dengan dosa, bahkan justru sangat menikmatinya dan menjadikannya sebagai sebuah kebanggaan.
Mungkin kamu heran, bagaimana mungkin pemerintah di dunia 101 mampu menerapkan sebuah sistem pemerintahan yang demikian itu. Tak lain dan tak bukan, itu semua karena adanya desakan dari masyarakat yang memang menyadari betapa perlunya sistem itu dibuat dan bisa disosialisasikan sebagaimanamestinya. Dan masyarakat bisa menyadari itu lantaran adanya peran para pemikir dan mujahid pena yang tak kenal menyerah, terus mengobarkan semangat jihad melalui perang pemikiran. Dan juga peran para dai dan daiyah, yang segera meneruskannya hingga ke akar rumput. Mereka terus berjuang dengan suka rela dan penuh keikhlasan, bersama-sama terus bergandengan tangan untuk melawan tentara setan, yaitu kaum yang mendukung kemaksiatan dan menolak adanya syariat Islam, baik yang terang-terangan, maupun yang terselubung.
Karena perjuangan mereka itulah, akhirnya pemerintah di dunia 101 mampu menerapkan sistem yang islami. Salah satunya adalah dengan menerapkan peraturan yang mengatur soal seni, yaitu seni yang islami. Mereka menyadari kalau pola pikir, kemampuan menganalisa, moral, dan libido orang tidaklah sama. Jika orang yang mengerti seni, tentu akan melihat dari sudut pandang seni. Berbeda dengan orang yang tidak mengerti seni, mereka bisa menafsirkan macam-macam dari sebuah karya seni yang dilihatnya. Sehingga jika makna yang mereka tangkap itu positif tentu tidak menjadi masalah, namun jika makna yang mereka tangkap itu negatif maka akan menjadi masalah. Semisal sebuah foto yang dibilang seni oleh seorang photographer, menampilkan gambar wanita seksi dengan pakaian yang agak terbuka. Baginya itu memang betul-betul seni, karena ia melihat dari pencahayaan, sudut pengambilan, fokus gambar, dan photogenic gadis yang ada di depan latar belakangnya yang exotic. Namun, apakah orang awam yang tidak mengerti seni akan melihat dari sudut pandang yang demikian. Jawabannya tentu tidak. Mereka tentu akan melihat dari sudut pandang yang lain, aurat si gadis yang memicu syahwat misalnya.
Nah, oleh karena itulah. Pemerintah di dunia 101 tidak mau jika ada orang yang sampai menyalahgunakan seni untuk hal-hal yang tidak baik, karena kasusnya mirip orang yang menyalahgunakan narkoba. Karenanyalah tidak mungkin untuk memukul rata dengan menggunakan satu acuan berdasarkan perbedaan itu, namun harus mengikuti petunjuk Tuhan yaitu dengan merujuk kepada kitab suci Al-Quran¾sebuah acuan yang sudah disempurnakan Tuhan untuk kemaslahatan umat manusia. Karena Dia-lah Tuhan yang memang Maha Mengetahui seluk-beluk kehidupan di dunia ini. Karena pada dasarnya manusia yang masih awam memang mempunyai sifat dasar, yaitu hubungan sosial yang berkaitan erat dengan kebutuhan biologis yang primitif.
Manusia yang sudah baliq akan membutuhkan kebutuhan biologis. Setiap mereka melihat sesuatu yang berbau hasrat seksual, walaupun hanya sekejap mata akan menimbulkan nafsu birahi, terutama bagi para pemuda. Siapa pun yang melihat kecantikan atau ketampanan pasti akan tertarik, kecuali mereka yang mengalami kelainan jiwa. Sebagai manusia yang masih awam tidak mungkin bisa berpaling dari hal-hal tersebut, manusia paling hanya bisa mengendalikannya saja. Namun, Pria dan wanita agak berbeda dalam memandang kecantikan atau ketampanan itu, juga dalam hal memandang keindahan tubuh. Wanita tidak melulu menghubungkannya dengan libido, tapi pria awam yang masih normal justru malah sebaliknya. Terbukti di dunia ini lebih banyak wanita yang dieksploitasi menyangkut hal itu ketimbang para pria.
Nah… Bagaimana mungkin seseorang manusia bisa membeningkan hati selama pandangan belum bisa dijaga dari hal-hal yang demikian. Dan jika hati belum bening, bagaimana mungkin manusia hidup tentram, nyaman, dan lapang. Jika kehidupannya belum tentram, nyaman, dan lapang, bagaimana mungkin bisa menjadi orang yang baik. Hal yang paling mungkin terjadi adalah menjadi sampah masyarakat, yang pada akhirnya menciptakan mata rantai kegelapan dan terus berkembang menjadi lingkaran setan. Orang tidak tentram menjadi stress, dan orang stress membutuhkan hiburan. Jika hiburan itu tidak Islami maka orang menjadi gelap hati. Jika hati gelap maka pada akhirnya hatinya pun tidak tentram, yang kemudian menjadi stress. Karena stress ia butuh hiburan, sedang hiburan butuh biaya, maka dicarilah uang dengan menghalalkan berbagai cara demi untuk hiburan. Begitulah seterusnya dan seterusnya, bagaikan lingkaran setan yang tak ada ujung pangkalnya. Dan akibatnya pun bisa menimbulkan mata rantai kejahatan, terjadi kesenjangan sosial karena banyaknya uang yang terbuang untuk hal-hal yang tidak perlu, persaingan yang tidak sehat karena orang menghalalkan berbagai cara.
Nah, Nak Bois. Cobalah kamu renungkan ayat-ayat berikut:
Yusuf 24. Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya[750]. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.
[750]. Ayat ini tidaklah menunjukkan bahwa Nabi Yusuf a.s. punya keinginan yang buruk terhadap wanita itu (Zulaikha), akan tetapi godaan itu demikian besarnya sehingga andaikata dia tidak dikuatkan dengan keimanan kepada Allah s.w.t tentu dia jatuh ke dalam kemaksiatan.
Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a katanya: Nabi s.a.w bersabda: Allah s.w.t telah mencatat bahwa bani Adam cenderung terhadap perbuatan zina. Keinginan tersebut tidak dapat dielakkan lagi, di mana dia akan melakukan zina mata dalam bentuk pandangan, zina mulut dalam bentuk penuturan, zina perasaan yaitu bercita-cita dan berkeinginan mendapatkannya manakala kemaluanlah yang menentukannya berlaku atau tidak.
Karenanyalah, jika tidak ada sistem yang melindungi, bagaimana mungkin anak cucu Adam bisa selamat dari perbuatan dosa. Sesungguhnya Allah telah menurunkan Al-Quran itu sebagai petunjuk, dan juga sebagai rujukan hukum untuk manusia agar bisa selamat dari perbuatan dosa.
Ingatlah… dorongan syahwat itu sangat kuat, dan hampir tidak mungkin bisa dilawan oleh manusia yang tidak mempunyai hati yang bening. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memang melindunginya dengan sebuah sistem yang islami. Tanpa itu, sangat sulit bagi manusia untuk bisa mencapai bening hati. Sebab, manusia yang mencoba mencapai bening hati dengan tanpa sistem yang seperti itu merasakan hidupnya bagaikan di neraka. Batinnya senantiasa tersiksa lantaran tidak adanya keserasian antara hati nurani dan kehidupan sosialnya. Ketika terpaksa mengikuti arus maka dia akan merasa berdosa, dan jika tak mengikuti arus maka hidupnya akan terasa susah. Hanya sedikit sekali orang yang mampu melewati fase itu sehingga mampu membeningkan hati di tengah sistem yang tak berpihak, dan itu pun tak lepas dari kasih sayang Tuhan yang telah memberikan taufik dan hidayah kepadanya. Dan orang-orang seperti itu tentu sudah tidak lagi merasakan susahnya hidup, sebab mereka percaya penuh kalau kehidupannya hanyalah sebuah permainan. Bahkan mereka bisa menikmati permainan itu dengan baik, yaitu dengan terus menjalankan misi kekhalifahannya dengan penuh rasa syukur dan kesabaran yang tiada batas."
Orang tua itu terus berkata-kata, sedangkan aku hanya diam saja mendengarkannya, hingga akhirnya aku betul-betul bisa memahami kenapa aku bisa sampai tersasar atau lebih tepatnya disasarkan ke dunia yang bernama dunia 101. Sungguh, sebetulnya aku ingin sekali untuk tetap berada di dunia 101—sebuah dunia yang penuh dengan kedamaian, kemakmuran, dan sejahteraan. Sehingga aku pun bisa hidup tentram, nyaman, dan lapang. Dan yang paling penting adalah aku bisa hidup bahagia bersama ibuku yang betul-betul mencintaiku, yang dengan kelembutan dan kasih sayangnya terus berusaha mendidikku agar menjadi hamba Allah yang bertakwa.
Nah, pembaca yang budiman. Begitulah ceritaku soal dunia 101. Salah satu dunia paralel yang telah mengajarkan aku sedikit mengenai pemerintahan yang Islami. Dan sejak saat itulah, aku pun sering diberi kesempatan untuk mengunjungi dunia paralel yang lain, yang tentunya selalu membuatku bingung plus terkagum-kagum ketika mengunjunginya.